talking, laughing, posting, sharing …

Jangan membayangkan para pelaku swinger yang memasuki usia kepala tiga. Kini mereka lebih muda, lebih liar dan lebih menggoda!

===

Pesan singkat masuk ke dalam ponsel seorang kawan saat kami sedang bersantai di lobby sebuah hotel bintang lima di daerah Jakarta Selatan. Isinya singkat, “Ada anak baru mau ikutan party. Besok di Anyer.” Teman saya tersenyum sambil menyerahkan handphonenya kepada saya. Saat membaca pesan itu saya tidak begitu mengerti apa maksudnya.

Seminggu berselang, dalam account FB saya ada sebuah pesan dari kawan saya tersebut. Dia bercerita panjang lebar soal “party” yang dimaksud dalam SMS tempo hari yang ditunjukkannya pada saya. “Pesta terliar dalam yang pernah saya alami,” ujar teman saya mengawali obrolannya. Dalam sebuah cottage di Anyer, dia bersama pasangan melakukan swinger dengan pasangan lain yang usianya masih pantas disebut sebagai mahasiswa.

Pesta swinger itu rencananya dihadiri tiga pasangan yang masing-masing akan menukar pasangannya untuk kemudian berhubungan seks dengan pasangan lainnya. Uniknya, salah satu pasangan ini usianya masih cukup muda. “Mereka salah satu mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Surabaya. Kebetulan lagi liburan ke Jakarta dan sekalian aja kita party,” ujar teman saya terkekeh.

Jika teman saya dan pasangannya sudah berusia diatas kepala tiga, maka berbeda dengan pasangan lainnya dalam pesta swinger itu. “Mereka masih kuliah, dan mereka bilang punya beberapa teman yang juga senang swinger. Kapan-kapan mau diajak main ke Jakarta biar bisa ikutan,” ujar teman saya lagi. Saya hanya bisa geleng-geleng kepala mendengarnya.

Swinger mungkin kata yang terdengar aneh di kepala saya. Namun keanehan itu segera terbayar ketika seorang teman berhasil memberikan nomor kontak salah seorang penggila swinger. Ia segera menelponnya dan menyerahkan hapenya ke saya untuk selanjutnya ngobrol beberapa menit tentang swinger. “Mungkin tiga sampai empat tahun yang lalu, swinger memang identik dengan pertukaran pasangan seksual antara pria dan wanita yang sudah menikah. Bahkan ada klub swinger di Jakarta yang mengharuskan anggotanya menikah sebelum mengajaknya berpesta. Tapi sekarang, banyak ABG juga kok yang swinger. Saya kenal baik dengan beberapa dari mereka. Dan ingat, mereka bukan PSK (pekerja seks komersial Red) tapi memang suka dengan sensasi dalam swinger,” ujar si nara sumber dari seberang telepon.

Menurutnya, swinger memang berbeda dengan hubungan seks pada umumnya. “Swinger melibatkan rasa kepercayaan dan fantasi tersendiri saat kita ikut di dalamnya. Kita saling percaya satu sama lain sehingga hubungan seks itu tidak melulu soal nafsu. Ada sensasi dan perasaan yang berbeda saat melakukannya,” ujar pria yang enggan menyebutkan nama aslinya itu.

Sebuah klub malam di Jakarta Barat, kerap dijadikan tempat berkumpul para pasangan penikmat swinger. “Kita sering bertemu di sana. Untuk swinger sendiri tidak bisa dipastikan kapan rutinnya digelar. Biasanya sih kalau sudah sama-sama cocok maka kita bisa lanjut untuk cari room. Pasangan-pasangan muda biasanya lebih hot. Mereka sangat open minded dan terkesan liar,” ujar nara sumber tadi.  

Di kalangan para pelakunya, fenomena swinger tampaknya mulai merambah usia yang lebih muda. Jika dulu para swinger identik dengan pasangan yang sudah memasuki usia matang, kini tampaknya trend itu bergeser. Rentang usia pertengahan kepala dua menjadi usia yang banyak dijumpai di pasangan swinger. “Memang banyak peminatnya sekarang masih muda-muda. Kalau saya tidak mempermasalahkan usia. Selama kita saling cocok dan suka, ya lakukan saja,” ujar nara sumber tadi mengakhiri obrolan.

Bicara sejarah, swinger memang bukan fenomena baru. Sejak berabad lalu berbagai literatur telah menggambarkan perilaku saling bertukar pasangan seksual ini. Bahkan kini di Eropa, sedikitnya tercatat seribuan klub swinger yang aktif melakukan aktivitasnya. Untuk Eropa, swinger memang lebih menekankan pada pasangan-pasangan yang menikah dan mencari sensasi baru dalam hubungan fisik. Mereka menginjak usia rata-rata 31 tahun untuk wanita dan 34 tahun untuk pria. Bahkan para pelaku swinger di sana mengaku “ritual” ini berbeda dengan olah seks biasa. Mereka menganggap swinger lebih privat dan dilakukan secara khusus dengan pasangan resminya.

Di benua Afrika proses saling bertukar pasangan juga tercatat eksis. Sementara di Australia, suku Warramunga punya ritual sejenis dengan saling berhubungan seksual dengan istri sesamanya. Kemudian benua Amerika bagian Selatan yaitu Brasil dan Venezuela juga punya hal serupa dalam praktek kehidupan suku-suku pedalamannya.

Di Indonesia fenomena swinger ini kembali hangat saat mencuatnya kasus aliran sekte Satria Piningit Waten Buwono awal tahun 2009 lalu. Sekte ini dipercaya melakukan swinger sesama anggotanya sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan tuhannya. Uniknya, masyarakat di pedalaman Papua punya kebiasaan mirip dengan swinger. Yaitu prosesi seorang pria tidur bergantian dengan istri saudara sekandungnya. Sang istri tersebut melakukannya dengan sukarela sebagai bakti terhadap suku dan agama primitif yang dianutnya.

Nah seiring perkembangan teknologi, kebebasan yang menjadi kebabablasan pun menyasar generasi muda, khususnya di kota besar. Perilaku-perilaku primitiF yang dulunya menjadi bagian hidup suku-suku dan masyarakat pedalaman seakan-akan muncul ke permukaan dan digandrungi kaum urban. “Gemerlap dunia hedonis memang rentan menggerogoti mental dan adab anak-anak muda. Terutama yang hidup di kota besar, mereka lebih cepat menerima teknologi dan informasi meski kadang filter kepribadian mereka belum siap,” ujar Sigit JT, seorang pemerhati gaya hidup kaum urban.

Ia menambahkan, “Bicara swinger, sulit mengatakan kalau ini sudah menjadi sebuah gaya hidup sebelum ada penelitian yang valid akan hal itu. Kalau sudah ada bukti misalnya 50 persen anak muda gemar dan aktif di dalamnya, baru ini mengkhawatirkan. Lebih tepatnya kita bisa bilang sebagai fenomena urban, karena memang terjadi dan menimpa masyarakat perkotaan. kemungkinan mereka adalah para pencari sensasi sesaat yang terlibat dalam hubungan fisik jangka pendek. Melihat kecenderungan ini maka bisa saja anak-anak usia muda menjadi pelaku di dalamnya,” tambah pria yang juga mengajar lepas di sebuah kampus di Jakarta Barat ini.

Lalu apa sebenarnya swinger itu? Secara definitf memang kurang lebih artinya adalah melakukan hubungan seks antara pria dan wanita secara bersamaan dengan beberapa pasangan dan kemudian saling menukar pasangan atau partner seksnya dalam grup itu.   “Swinger cenderung dilakukan oleh pasangan suami istri atau pasangan kekasih yang ingin merasakan sensasi berbeda dari sebuah perilaku seksual.  Swinger tidak dilakukan dengan orang  yang sekedar kenal atau baru kenal tetapi dilakukan pasangan yang sudah solid. Kalau yang cuma coba-coba saja dan tidak solid malah akan menimbulkan masalah. Semisal mencurigai pasangan menyertakan perasaan. Padahal swinger hanya mencari hiburan dan mendapatkan sensasi dari sebuah kegiatan  seksual,” ujar psikolog  Ismed Surachmad.

Meski tidak membatasi usia, umumnya para pelaku swinger party lebih diminati oleh kalangan eksekutif muda. Meski hal itu tidak bisa dipukul rata tetapi para pemainnya biasanya adalah kalangan dengan strata ekonomi mapan. Tujuan yang hendak diraih jelas adalah sebuah petualangan seks yang penuh fantasi dan sensasi. Itu alasan mereka yang konon sempat merasakan nikmatnya pesta ini.

Coba Anda membuka internet dan gunakan mesin pencari dengan kata kunci swinger. Dalam hitungan detik maka akan keluar berbagai link dan situs internet terkait dengan swinger. Jika Anda lebih spesifik lagi menggunakan kata kunci swinger Indonesia, maka tidak sedikit juga link atau grup yang membahas atau mempromosikan berbagai klub yang berkaitan dengan hal tersebut.

Lebih jauh menurut Ismed, batas batas moral yang semakin buram dan ditambah kompleksitasnya kehidupan masyarakat urban menjadi ladang yang subur bagi praktek-praktek hedonis seperti swinger. “Namun itu bukan menjadi pembenaran untuk bebas melakukan hal-hal yang tidak terpuji. Akibat terburuk, nanti akan menjadi orang-orang yang hanya melihat kegiatan seksual swinger ini sebagai  salah satu cara melakukan variasi seksual, dan akibat terburuk bisa saja terkena penyakit AIDS dan penyakit menular seksual lainnya. Ini kan miris dan akhirnya sama saja dengan kebebasan seksual,” ujarnya. 

Di satu sisi, swinger jelas menggambarkan melorotnya moral dan batas-batas norma dalam kehidupan masyarakat. Sementara di sisi lainnya swinger juga menjadi sebuah trend urban yang dilakoni oleh sebagian kecil masyarakat perkotaan. Meski masyarakat semakin acuh dan hidup egosentris namun bukan berarti perilaku yang bebas seperti swinger dapat dibenarkan. “Ada baiknya kita kembali ingat nilai-nilai ketimuran. Hidup di Timur tidak bisa disamakan dengan di Barat. Perilaku hedonis memang cenderung merugikan dan kerap membawa pada degradasi moral generasi pelakunya. Jangan sampai kita kehilangan generasi akibat tergerus zaman yang semakin plural ini,” tambah Sigit lagi.

Kini tentunya semua kembali kepada kita. Mengagungkan ego dan kepuasan sesaat atau kembali pada nilai-nilai “usang” yang kolot terdengar di telinga. Semua terserah kepada kita, dengan konsekuensi yang masing-masing tahu muaranya. (yuk)

Comments on: "Swinger (a.k.a Tukar Pasangan)" (74)

  1. gw mau tuh ikutan swinger boleh gak

    • cengrenges said:

      wah, saya ga menyarankan untuk ikutan loh.. ;p

    • Saya pasutri sah blm prnh swinger ingin nyoba umur 40 sedang istri 29 berjilbab, dia tdk mau tukar pasangan tp mau hny main dg pasangan masing masing blh bareng dalam satu kamar, tp nanti kl dia lengah bs langsung tukar pasangan, serius hub 081230664625, syrat pasutri sah bukti surat nikah, bersih sehat, dan bs menjaga rahasia.

  2. hermawan said:

    gue juga penasaran…mao coba sensasi swinger seperti apa sih…!!

    • cengrenges said:

      wah, kalau info lebih lanjut saya tidak bisa berikan, hehehe..

      • Pernikahan itu d jalani dengan cinta dan kasih sayang..menjalani perkawinan itu smakin lama semakn membosankan..sementara untuk selingkuh ataupun menikah lagi hal yg akan menyakiti pasangan. Untuk itu selama tidak menyakiti perasaan pasangan kita dan untuk menambah rada sayang knapa nggk mencoba swinger toh kami berdua malah menjadi lebih mencintai..itu yg kami rasakan..orng yg hanya bnyk mencela swinger nanti juga akan merasakan bagaimanamenjalani kejenuhan dlm berumah tangga..

  3. kt pasutri sama sama usia 45 th. pingin coba, kayak apa sih ?

  4. kalo kegiatan sex lu pengen di dokumentasikan boleh hubungin gue di 085724725181 atau ke sony_cholid@yahoo.co.id ” Dijamin beres and tanpa adanya kebocoran……………………….”

  5. minat hub kita ya……..

  6. Saya dan istri juga 46, bs email kalo minat

  7. Tolong Infonya klo mo gabung ma komunitas swinger gmana…
    mohon infonya ke email ak

    • Kepada para pembaca sekalian, inti dari tulisan ini adalah bercerita soal praktek swinger. Penulis tidak menganjurkan untuk mempraktekkannya, karena di Indonesia ranah ini jelas bertolak belakang dengan norma dan susila yang berlaku. Mohon untuk lebih bijak menyikapi inti tulisan ini. Terimakasih.

  8. Sy 42 istri 31,nikah syah, sehat, blm pernah swing, pengen banget nyobain. klu ada yg berkenan, tlg hub kt.

  9. couple syah M_48th, 180/75. atletis. F_22th. 165/53.ctk.body bagus. mencari couple syah,klo bisa yg seimbang (suami tua dan istri jauh lbh muda). Kami bukan hanya swinger secara fisik,tp jauh lbh dr itu kami ingin wujudkan sebuah persahabatan lahir dan bathin.Bagi yg minat serius add,,0857 2856 7637,,(sms dulu/hp aktif sehari cm sskali).MAAF KAMI HANYA MENCARI COUPLE SYAH.

    • yantoleki@ymail.com said:

      hai kami di palembang

    • Hi aku mau gabung..hub 083821945663 12thn menikah belm pnya anak M35 F29..domisili bndng..

    • Hallo selamat malam bapa N ibu terhormat…..maaf klau ada kalimat yg salah, kami keluarga yg bahagia dan blom pernah swinger, nama saya James/35 N istri saya Rina/25,klau bapa N ibu berkenan silakan mengirim foto anda ke email kami.
      Salam fantasi yg baik
      James N rina

  10. dedi landika candra said:

    masih ga ngerti ni,pembaca….yg bijak mencerna artikelnya…..malah minta swinger semua…inget tu sama jatah 1×2 meter pasti semua dapat….eling…eling..astaghfirllaah….

  11. wah semoga kaum swinger dapat laknat …jgan kotori negara ini dengan hal hal yang dapat merusak moral agama,…masa mau balik lg ke zaman zahiliyah,,,inget peristiwa kaum luth smua yg melakukan dapat dibinasakan oleh Tuhan dengan AzabNya….

    • cengrenges said:

      Semoga yang baik tetap baik dan kekotoran bisa perlahan berganti dengan kebersihan. Amin.

  12. pasutrimuda said:

    aku pasutri M30/F19. Klo ada yg mau gabung bisa hubungi lewat fb; pasutrimuda87@gmail.com

  13. swimming smuanya d neraka

  14. mau swinger ? 083846060800

  15. Pleasse don’t call…. Sms only….

  16. Jack anwar said:

    Sy dr dlu pngen bget liat istri sy dipake pria yang tampan dan punya brang besar,,ada ga yg mau

  17. swinger kan cuma fantasi perilku sexsua asal dilakukan suka sama suka dan saling ihlas dan tidak bermasalah buat pasangannya apanya yang dipermasalahkan? dan apanya yang tidak bermoral ? karena swinger itu sendiri mempunyai kode etik dan ketentuan, bukan perselingkuhan, bukan pemerkosaan sesama pasanan saling ikhlas dan menikmati… apanya yang berdosa…

  18. meskipun saya belum pernah full swinger, saya dan wife sering melkukan soft winger. kita hanya melakukan sex dengan pasangan kita sendiri di suatu tempat bersama pasangan lain. dengan ras a keberaian membuka aurat dan memperlihatkan aurat kepada orang lain ternyata mendapatkan rasa kepuasan yang sangat tinggi. tidak semua orang berani untuk hal itu. kepuasan sex yang tinggi itu lah yang membuat hidup lebih bergairah dan saling menyayangi pasangannya. apakah ini perselingkuhan.. saya kira bukan …yanng kami lakukan hanya sebatas sekedar memegang kemaluan pasangan lain. dan itupun kami saling memahami dan mengijinkan.

  19. Bagi yg minat, tolong hubungi aq di no.085640911533,.. Istriku cakep,montok padat berisi, usia 28 thn, 34B, tinggi 165cm,berat 60 kg.. Alim dan lugu, dia penurut.. Dia paling suka telan sperma.. Kalau bisa yg masih muda..

  20. q pengen nyoba swing, q blm pernah 29m/27f hungin saya

  21. mas ipul said:

    bos kok malah jadi ajang cari pasangan swinger……….

  22. Hihi..kasian yang nulis artikel ini, tulisannya sudah dijadikan ajang cari pasangan swinger. Hormati yang nulis blog yah..

    • cengrenges said:

      Sudah berulang kali diberi p[enjelasan, malahan pada cari pasangan di sii. Ya sudahlah, yang bijak menyikapi dengan bijak. Salam. Terimakasih sudah mampir ya, minta blognya siapa tau bisa blogwalking :) Salam

  23. Anda ketagihan SWINGER?
    Susah mencari pasangan Swinger?
    Atau anda mau coba threesome?

    Ayo gabung bersama kami
    Masukkan data diri anda

    tanpa register/bayar

    tunggu apa lagi?
    langsung ke TKP

    >>>>>>>> http://swingergroup.blogspot.com/p/swinger.html <<<<<<<<

  24. Swinger itu cuma fantasi sesat yg akan membawa kita ke sebuah penyesalan yg tiada akhir,,,ingat itu hanya sebuah godaan.

  25. terima kasih utk semuanya yg udah swinger, menggilir dan keroyokan ML dgn istriku..sejauh ini kami merasa sangat puas sekali..ini adalah pengalaman yg pertama bagi kami, apalagi istriku yg alim dan berjilbab…

  26. aq puas…

  27. jangan sms dan atau telpon ke nomor hp kami lagi, karena kami memutuskan utk berhenti… good bye.. dan terima kasih.

  28. Astagfirullah.. Naudzubillah tsumma naudzubillah..
    baca komentarnya jadi ngeri sendiri :(

  29. cengrenges said:

    Mohon maaf, harap sikapi isi tulisan dengan bijaksana. Ini fenomena dan terjadi di tengah masyarakat. Ambil hikmahnya, jika tidak suka jangan dibaca ya. Terimakasih.

  30. Janganlah menuduh, mudah2an engkau mendapat pencerahan dari NYA…
    Ini hanyalah artikel yang harus kita ambil untuk menjadi pembelajaran dan pengetahuan….
    Manusia tidak bisa menentukan siapa orang yang kafir………

  31. swinger kan cuma fantasi perilku sexsua asal dilakukan suka sama suka dan saling ihlas dan tidak bermasalah buat pasangannya apanya yang dipermasalahkan? dan apanya yang tidak bermoral ? karena swinger itu sendiri mempunyai kode etik dan ketentuan, bukan perselingkuhan, bukan pemerkosaan sesama pasanan saling ikhlas dan menikmati… apanya yang berdosa…

    islam kan guru besarnya juga swinger.. dia kawin sama siti khadijah,terus… fatimah, terus..sama zubaidah terus ,,,ha……ha….ha….ha…..ha enak ya

    siapa dia ya……..dia bukan kafir,,,,tapi mbahnya kafir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: