talking, laughing, posting, sharing …

Selamat! Menjadi Ibu tentu hal yang sangat menggembirakan bagi Anda yang mengharapkannya. Fase baru dalam hidup yang membuat kehidupan Anda berbeda dari sebelumnya. Jika Anda menginginkan bayi kembar ada baiknya membaca beberapa fakta tentang kehamilan kembar di bawah ini.

lucunya si kembar identik

Di Amerika Serikat (AS) angka kehamilan kembar hanya 3% dari angka kelahiran per tahun. Kecilnya angka ini membuat gejala atau tanda yang menyertai kehamilan kembar sulit diprediksi oleh calon Ibu. Hal ini membuat calon Ibu hanya mempunyai sedikit informasi tentang kehamilannya, padahal kehamilan kembar memiliki tingkat resiko yang lebih besar daripada kehamilan biasa. Misalnya saja, resiko menderita penyakit diabetes turunan yang kansnya lebih besar bagi kehamilan kembar, kemudian resiko kelahiran premature, berat bayi di bawah normal serta kelahiran dengan operasi cesar

Pertama, kemungkinan Anda mendapatkan bayi kembar semakin besar di usia 30-40 tahun. Anda pasti tahu bahwa resiko hamil di usia tersebut cukup tinggi dan kemungkinan terjadi komplikasi meningkat secara dramatis. Tapi Anda juga harus tahu di usia tersebut siklus dan produksi sel telur menjadi semakin teratur dan konsisten. Jadi kemungkinan terjadi pembuahan dua sel telur sekaligus sangat mungkin terjadi.

Kedua, kehamilan kembar membutuhkan asupan asam folat harian yang lebih banyak dari kehamilan biasa. Hal ini penting untuk mencegah cacat selama kehamilan seperti spina bifida, kondisi sumbing tulang belakang atau adanya celah pada tulang belakang akibat kurang asam folat. Konsumsi harian asam folat untuk kehamilan kembar adalah 1mg sedangkan untuk kehamilan biasa cukup 0,6 mg.

Ketiga, ibu dengan kehamilan kembar biasanya menghabiskan lebih banyak waktu mereka untuk mengunjungi dokter atau bidan. Ini hal yang wajar, sebab kehamilan kembar memang membutuhkan perhatian ekstra untuk memonitor perkembangan buah hati Anda.

Keempat, gejala morning sickness bagi calon ibu dengan kehamilan kembar berpeluang lebih hebat daripada kehamilan biasa. Hal ini sangat wajar mengingat Anda dan banyak Ibu lain mengalamin hal serupa, hanya saja pada kehamilan kembar jumlah hormon hCG yang diproduksi akan lebih tinggi daripaa kehamilan biasa. Ini bisa memicu morning sick pada beberapa kasus.

Kelima, terjadi flek atau pendarahan ringan sangat berpotensi di kehamilan kembar. Jangan panik, pendarahan atau terjadi flek asalkan tidak banyak adalah hal yang lumrah, apalagi di kehamilan perdana Anda. Selama darah yang keluar tidak berwarna merah terang, disertai demam atau suhu badan tidak stabil maka anda tidak perlu khawatir. Namun jika Anda masih takut, silahkan hubungi dokter dan bidan terdekat.

Keenam, dengan kehamilan kembar bukan berarti Anda dapat merasakan gerakan si bayi lebih cepat dari usia kehamilan normal. Jika pada kehamilan normal Anda akan mulai merasakan aktifitas buah hati di usia 18-20 minggu di kehamilan pertama, bukan berarti Anda akan merasakannya lebih cepat saat mengandung bayi kembar. Aktifitas bayi memang tidak bisa ditentukan dari kembar atau single, namun kebanyakan ibu yang mengandung untuk pertama kali merasakannya di usia kehamilan 20 minggu.

Ketujuh, pantau berat badan Anda. Ibu hamil akanmengalami kenaikan beat badan adalah normal, apalagi Anda membawa dua buah hati sekaligus dalam kehamilan ini. Sekalipun bayi Anda berukuran kecil, dalam arti tidak sebesar bayi dalam kandungan single, berat badan Anda tetap naik. Kenaikan biasanya sekitar 17 kg untuk kehamilan kembar dan 12 kg untuk kehamilan single.        

Kedelapan, resiko mendapat diabetes turunan lebih besar peluangnya pada kehamilan kembar. Mereka yang membawa resiko ini akan menurunkannya ke buah hati dan berpotensi menderita diabetes tipe 2 dalam hidupnya.

Kesembilan, resiko menderita pre-eclampsia atau gangguan kesehatan selama masa kehamilan yang sangat berbehaya bagi ibu dan buah hati dalam kandungan cukup besar bagi Ibu dengan kehamilan kembar. Pre-eclampsia ditandai dengan tingginya tekanan darah, kandungan protein dalam air seni dan pembengkakakan pada bagian kaki, tangan, lengan dan sakit kepala hebat harus diwaspadai calon Ibu. Eclampsia juga bisa terjadi setelah kelahiran dan menyebabkan kondisi koma.   

Sepuluh, Anda berpeluang melahirkan bayi premature saat menjalani kehamilan kembar. Namun di beberapa kehamilan kembar pun didapati kelahiran di minggu ke 37 atau akhir minggu ke 36. Sayangnya, tidak ada tindakan medis yang bisa membantu mencegah kelahiran premature pada bayi kembar.

Sebelas, operasi cesar menjadi pilihan bagi ibu dengan kehamilan kembar. Ini semua tentu melihat kondisi ibu dan buah hati, jika memungkinkan dilakukan persalinan normal maka ibu berhak mendapatkannya. Operasi cesar dibutuhkan karena kondisi bayi yang tidak memungkinkan dilahirkan dengan cara normal, seperti misalnya bobot bayi yang terlalu besar, bayi belum pada posisi siap dilahirkan dan sejumlah pertimbangan lain.

Tanda Kehamilan Kembar

Bagaimana Anda mengetahui kehamilan kembar sebelum melakukan USG? Apakah ada cara yang tepat untuk mendeteksinya? Karena setiap kehamilan memiliki banyak persamaan sekaligus perbedaan maka ada beberapa ciri atau tanda kehamilan Anda berotensi kembar. Namn perlu diingat, ini bukan ukuran mutlak. Hanya saja ciri-ciri ini biasanya menyertai Ibu dengan kehamilan kembar. Untuk lebih pastin tentu Anda harus melakukan USG dan melihat hasilnya. Selamat berbahagia!

Sebagai calon Ibu, Anda dibekali intuisi dan isnting dari Yang Maha Kuasa. Jika Anda merasa seperti membawa dua bayi dalam kandungan maka itulah naluri yang menuntun pada kehamilan kembar. Jangan pernah meragukan intuisi Anda. Banyak ibu dari anak-anak kembar mengatakan kalau mereka mendapatkan hal yang sama saat mengandung buah hati mereka sejak minggu-minggu awal di trimester pertama. Kemudian mereka juga mengalami gejala Morning Sick lebih “hebat” dari ibu lain dengan kehamilan single. Beberapa bahkan mengaku mengalami gejala ini sepanjang hari.

Gejala lain seperti Anda merasa payudara Anda super sensitive, sering ke kamar kecil dan tanda-tanda lain yang menyertai kehamilan biasanya dua kali lebih “hebat” dari kehamilan single. Kemudian terjadi pertambahan berat badan yang cepat, hal ini tentu wajar asalkan hal tersebut tidak diakibatkan oleh suatu penyakit. Biasanya memang ibu hamil dengan bayi kembar akan mendapatkan berat badan yang lebih cepat naik daripada ibu dengan kehamilan single.

Pada usia kehamilan 12 minggu ke atas, Anda mulai bisa mendengarkan detak jantung buah hati. Tentu saja ada dua detak jantung yang berbeda ritme dan menandakan buah hati Anda sehat-sehat saja, mintalah dokter atau bidan untuk menghitung detak jantung mereka dan memperdengarkannya pada Anda. Selanjutnya, pemeriksaan lebih lanjut dengan USG akan memastikan kondisi buah hati. Teknologi canggih memungkinkan Anda mengetahui jenis kelamin buah hati hingga seluk beluk wajahnya dengan teknologi 4 dimensi. Selamat menjadi Ibu dari bayi kembar yang lucu. (yuk)

About these ads

Comments on: "11 Fakta Tentang Kehamilan Kembar" (7)

  1. Bro, ente punya aspirasi jadi bidan?

    • cengrenges said:

      bung jes, hehehe.. ini just sharing artikel aja, kebetulan tulisan saya ini pernah dimuat jg di sebuah majalah parenting di Jakarta.. have a fab day…!!

  2. terima ksih berita nya

  3. alhamdulillah.. insya allah aq jg lg hamil kembar ni…

    • cengrenges said:

      Wah, selamat berbahagia yah. Semoga sehat dan lancar proses kehamilan dan persalinannya :)

  4. jadi senang menanti buah hati yg kembar.kebetulan saya lagi hamil kembar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: