talking, laughing, posting, sharing …

LEDISI ANIBADE YOUNG
Axis Java Jazz ’09 Performer

Sepintas saat mendengarkan album penyanyi kelahiran New Orleans ini, Lost and Found, kita dibawa mendalami lirik yang simple namun penuh arti serta alunan instrument swing lembut ditingkah denting piano dan sesekali brass section, sangat kental dengan nuansa jazz. Nama Ledisi mungkin terdengar baru di ranah jazz dunia, namun eksistensinya di negara asal khususnya kota New Orleans yang kerap disebut sebagai kota lahirnya jazz tidak bisa dipungkiri. Selain menyanyi, Ledisi juga dikenal sebagai seorang seniman musik dan pernah menjadi nominator ajang Grammy Awards 2008 untuk kategori Best New Artist dan Best R&B Album. “Keluarga saya adalah musisi, penyanyi, pemain drum dan saya sudah terbiasa dengan musik sejak saya masih anak-anak. Keluargalah yang berperan besar mengenalkan musik dan jazz pada saya,” ujar Ledisi dalam obrolan santai dengan MEasia di Lagoon VIP Lounge, Hotel The Sultan, Minggu siang.

Ini adalah keikut sertaan pertamanya di Java Jazz, namun Ledisi mengaku telah jatuh cinta dengan Jakarta. “Saya suka berada di sini. Orang-orangnya menyenangkan, cuacanya memang panas, tapi sejauh ini tidak masalah. Saya juga suka makanannya, semuanya menyenangkan di sini,” ujarnya sambil tersenyum ramah. Baginya, bisa berada bersama penyanyi jazz kaliber dunia di Jakarta adalah pengalaman yang berharga yang tidak bisa dilupakan. “Saya bertemu dengan musisi-musisi lain selama dua hari di Jakarta, pengalaman itu sungguh luar biasa. Kami saling menghargai dan menikmati musik kami. Anda pasti tidak percaya kalau saya katakan bahwa saya mendengarkan hampir semua jenis musik tanpa terkecuali. Iam open to anykind of music. Saya menulis banyak lagu pop dan menyanyikannya. Sebagai penggiat seni, khususnya musik, kita memang harus bisa mengupdate dan mengapresiasi banyak musik.” Talenta besarnya di bidang seni seakan terpatri dari namanya. Ledisi dalam bahasa daerah Yoruba di Nigeria berarti “berbuah”, ya Ledisi memang menghasilkan banyak sekali buah, talenta dan kemampuan sebagai pekerja seni di usianya yang masih terbilang muda.

BIcara sepak terjangnya di musik jazz, Ledisi mengaku dirinya merasa nyaman saat menyanyikan lagu-lagu berirama jazz. “Saya melakukan apa yang saya sukai. Menyanyi dan bermusik adalah jiwa saya dan jazz memberikan ketenangan saat saya berada di dalamnya. Lucunya, banyak penikmat musik jazz yang bertanya kenapa saya tidak menyanyi R&B? Karena mereka pikir suara saya berkarakter R&B. Sedangkan di sisi lainnya, para penggemar R&B bertanya kenapa suara saya sangat R&B namun menyanyikan jazz? Akhirnya saya memilih menggabungkan keduanya. Tidak masalah.”

Satu hal yang sangat berkesan di hati wanita murah senyum dan ramah ini selama mengikuti Java Jazz adalah fanatisme pengunjungnya. “Penontonnya luar biasa! Mereka bernyanyi bersama, tertawa dan menikmati suasana selama konser. Apalagi yang kita cari? Atmosfir acara ini sangat menyenangkan,” ujarnya. Ledisi melihat banyak anak-anak muda yang berdatangan ke acara ini, baginya ini suatu hal positif. “Pengunjung di sini beragam. Saya menjumpai anak muda, orang tua sampai keluarga yang menikmati jazz bersama-sama. Suatu hal yang positif, anak muda harus tahu apa itu jazz. Musik ini menyenangkan dan bukan musik yang sulit diterima. Ini bagus karena anak-anak muda menaruh perhatian pada ajang ini. Generasi mereka harus mengetahui hal ini, jangan sampai ada yang hilang dalam pengetahuan musik mereka.”

Ledisi juga mengangkat topi dengan hadirnya perpaduan musik etnis yang diusung oleh artis lokal saat tampil di Java Jazz. “Mereka menggabungkan musik dengan budaya setempat, ini yang membuat kita merasa berada di Jakarta. Unik dan berbeda dari festival lain yang pernah saya ikuti,” ujar penyanyi yang juga gape menggebuk drum ini. (yuk)
ledisi anibade young

Leave a Reply

