talking, laughing, posting, sharing …

Asian Martial Art

Anda penggemar wrestling ala Amerika Serikat? WWF atau WCW dan sejenisnya? Jangan salah, benua Asia juga punya seni beladiri yang mumpuni. Perkembangan seni beladiri benua kuning ini terbukti jauh lebih pesat ketimbang beladiri asli dari ranah Eropa, Amerika ataupun Afrika.

 

Kita tidak bicara soal Kungfu ataupun Karate serta Taekwondo. Usia eksistensi seni beladiri ini jelas bukan hitungan tahun, namun turun temurun sejak abad-abad pertama peradaban manusia di Asia. Tapi kemudian, dari ketiga cabang olahraga Asia ini, kemajuan dan perkembangannya jelas lebih pesat daripada cabang olahraga Tinju dan Gulat yang diwariskan oleh dunia Barat. Meski pada akhirnya Gulat dan Tinju dikategorikan sebagai olahraga dan bukan seni beladiri, perkembangan seni beladiri dari Asia terus bermunculan dan mengalami berbagai modifikasi.   

 

Terbukti sampai saat ini perkembangan seni beladiri Timur telah jauh melanglang buana dari daerah asalnya. Karate, Taekwondo sampai Kungfu bukan hanya popular di negaranya, tapi di seluruh dunia. Kemudian muncul pula berbagai seni beladiri lain seperti Thai Boxing dari Thailand, Silambam dan Kalaripayat dari India dan banyak lainnya. Bila diperhatikan seni beladiri Timur ini mengandalkan banyak kecepatan tangan, kaki serta perkelahian tanpa senjata. Dalam sebuah biografi juara dunia Kick Boxing dari AS, Kathy Long, seni beladiri yang mengandalkan perkelahian tangan kosong sangat praktis dipelajari dan tidak perlu keahlian khusus. Meski dalam perkembangan beladiri tersebut didapati modifikasi perkelahian menggunakan senjata seperti pedang, toya, tombak dan sebagainya.

 

Olahraga Kick Boxing yang popular di Eropa diadaptasi dari Muay Thai atau Thai Boxing dari Asia. Thai Boxing adalah seni beladiri yang mengandalkan tendangan dan pukulan. Kekuatan kaki dan kecepatan menjadi kunci olahraga ini. Salah satu jurus yang paling diandalkan dan membuat mush langsung terkapar adalah tekhnik tendangan lutut. Di awal perkembangannya, beladiri ini masuk dalam ketrampilan dasar seorang pemuda di Thailand. Mereka ditempa dengan latihan fisik dan berlatih Thai Boxing yang dulu bernama Krabi Krabong. Hampir seluruh pemuda di sana menyukai seni beladiri yang satu ini dan mempelajarinya sebagai bekal dan ketrampilannya bertahan dari serangan musuh.

 

Kemudian ada pula seni beladiri dari Cina selain Kungfu, disebut Pa Kua Chang. Hanya saja perkembangannya tidak sepesat Kungfu karena beladiri ini baru dikenal publik setempat sekitar akhir tahun 1700-an. Gerakan kunci dari seni beladiri yang satu ini terkesan lembut, hampir seperti orang menari. Namun beladiri ini mengajarkan untuk menyerang lawan melalui titik-titik lemahnya. Gerakan seperti menari ini juga lahir dalam seni beladiri Kalaripayat dari India. Penekanan gerakan dan tekhnik perkelahian tangan kosongnya terlihat indang dan lemah gemulai, namun penuh tenaga!

 

Semenanjung Korea Selatan pun tidak ketinggalan, mereka mewariskan Kuk Sool sebagai senibeladiri tradsionalnya. Kuk Sool adalah seni beladiri diperkenalkan pada tahun 1958 oleh Suh Inhyuk. Organisai induknya bernama Kuk Sool Won Korea didirikan oleh Suh pada tahun 1961. Suh melakukan perjalanan keliling Korea untuk mempelajari berbagai seni beladiri tradisional. Ia mendapati berbagai kemampuan dari beebrapa guru yang mengajarinya. Seni beladiri Koong Joong Mu Sool (seni beladiri istana) dan Sado Mu Sool (seni beladiri turun temurun) menjadi inti dari Kuk Sool.  Teknik-teknik Kuk Sool mencakup tendangan, pukulan, pukulan telapak tangan, kuncian, tekanan, mematahkan dan Chi (tenaga dalam) yaitu latihan teknik pernafasan. (yuk)112528_f520

Comments on: "Asian Martial Art" (1)

  1. terima kasih atas infonya..

    baca juga tulisan kami http://repository.unand.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: