talking, laughing, posting, sharing …

Bersyukur dan bersyukur ….

Hal terindah apa yang paling berkesan dalam hidup kita? Mungkin pertanyaan itu bagi sebagian orang terasa ringan, gampang dijawab dan sangat menyenangkan. Tapi saat pertanyaan itu datang di waktu yang kurang tepat, pasti kita sulit untuk mencari jawabannya.

Buat saya, pertanyaan itu seperti sebuah tonjokan telak jika kita tidak menghadapinya. Pertanyaan di atas membuat saya selalu ingat untuk tetap bersyukur. Ya, bersyukur! Dalam kondisi apapun, saya harus belajar untuk bersyukur setiap kali mendengar pertanyaan itu. Dan anehnya, pertanyaan itu selalu muncul di saat yang “tidak tepat” menurut saya.

“Ingatlah saat suka disaat duka.” Kalimat bijak itu terasa simpel dan tanpa makna jika didengar sekilas. Tapi ketika merenungkannya, saya mendapati bahwa kalimat itu mengajarkan kita untuk tetap bersyukur. Setiap saat! Lalu apa pentingnya bersyukur? Apakah itu mengubah keadaan? Menjawab semua ketakutan kita? Atau menjadi solusi semua permasalahan kita?

Saya mendapati, bahwa dengan bersyukur kita menjadi lebih mudah melihat semua rahmat Nya dalam hidup. Saat bersyukur seperti ada sebuah kelegaan luar biasa yang keluar dari dalam hati dan menggantikan murung dengan sukacita. Bersyukur juga menumbuhkan semangat dan gairah baru untuk terus melanjutkan hidup kita. Sadar atau tidak, sebuah senyum simpul mengembang di wajah. Ah, indahnya suasana kalau kita terus bersyukur setiap saat.

Yang sulit adalah ketika memulai untuk belajar bersyukur. Apalagi saat hati sedang dongkol dan bete. Waah.. perjuangan berat deh itu! Saya pun masih terus berjuang untuk bisa bersyukur setiap hari, setiap saat dan setiap waktu saya mengingatnya.  Meski susah dan terkadang terpaksa. Tapi lama kelamaan saya yakin mampu untuk menjadikan bersyukur sebagai gaya hidup. Yes! Bersyukur untuk segala hal…

-Selamat Hari Rabu-

Leave a Reply

