talking, laughing, posting, sharing …

Nama Nama Aneh Dalam Peta …

 

Bumi dipenuhi dengan berbagai tempat yang “aneh”, mempunyai nilai historis sampai mitos yang terdengar ganjil di telinga. Namun itulah kenyataannya, beberapa tempat di belahan lain dunia memang memiliki nama yang aneh, dihuni “mahluk” yang aneh dan berbagai hal di luar nalar lainnya. Kami memiliki list tempat-tempat ekstrim tersebut, silahkan Anda boleh percaya atau tidak!

Nama Aneh

Beberapa kota atau tempat di dunia memang memiliki nama aneh dan terdengar lucu atau bahkan sarkasme di telinga kita. Misalnya sebuah kota kecil di Austria Selatan yang bernama Fucking. Dalam bahasa Inggris artinya akan membawa konotasi yang tidak baik. Namun jangan salah, penamaan kota tersebut telah ada sejak ratusan tahun lalu, bahkan jauh sebelum kosakata “fucking” terbiasa kita dengar. Nama kota itu mengambil arti sebagai tempat bermukimnya penduduk Focko, sebutan masyarakat local di sana sekitar abad keenam belas lalu. Kota lainnya yang mungkin terdengar ganjil adalah kota Condom di Perancis. Dikenal sebagai kota penghasil brandy dan memiliki dua kastil bersejarah peninggalan abad ketiga belas. Tidak jelas mengapa kota itu dinamakan demikian, namun kata kondom sendiri mulai marak terdengar setelah kasus AIDS merebak dekade 70-an.

Kemudian ada juga kota Pussy, masih di Perancis. Tempat ini mengambil nama latin pussus yang berarti anak laki-laki, konon dahulu penduduk kotanya sebagian besar terdiri dari laki-laki kerdil. Kota ini terkenal karena punya objek wisata gunung Bellachat yang indah. Pussy sendiri adalah bahasa Inggris slank untuk organ kewanitaan. Climax Springs adalah contoh lain nama desa yang membuat kita tersenyum. Terletak di Camden, Missouri adalah tempat yang gersang dan hanya dihuni sekitar 80 kepala keluarga.

Kanada juga punya desa dengan nama Placentia yang idiom dengan placenta. Dihuni sekitar 4000 orang namun keberadaan tempat ini seakan kurang diperhatikan oleh pemerintah daerahnya. Populasi penduduk di sana terbilang paling lambat dibandingkan tempat lain di negara tersebut.

Mitos dan Legenda

Eropa ternyata juga mengenal legenda tentang monster air yang hidup di danau. Meski sebagian besar belum pernah terbukti namun mitos yang beredar turun temurun menjadi kekuatan fiksi tersendiri untuk dipercayai. Para ilmuwan yakin, mahluk air yang sering terlihat di danau-danau dengan legenda monsternya itu adalah sejenis dinosaurus yang berhasil selamat dari evolusi. Seperti danau Lochness di Skotlandia dengan legenda monster Nessie. Dipercaya adalah sejenis Plesiosaurus yang terjebak di danau karena jutaan tahun lalu danau tersebut adalah lautan dalam. Meski belum ada teori yang sahih membuktikannya namun pendapat para ilmuwan tersebut cukup masuk di akal.

Danau lain yang menyimpan legenda monsternya adalah danau Mascardi, Argentina. Seorang penduduk lokal pernah mengirimkan hasil jepretan kameraya ke koran lokal di sana. Pria itu mengaku mengambil gambar dari seekor monster air yang mirip dengan Nessie di Skotlandia. Media massa segera ramai memberitakan foto tersebut karena gambar yang diambil cukup jelas. Mahluk itu berkepala seperti ular namun bergigi runcing dan bermata lebar dengan kornea berwarna hitam. Argentina merupakan negara yang juga mempunyai cerita mitos tentang monster air di danau-danau yang ada di sana. Monster itu diberi nama Nahuelito dan dilaporkan pernah terlihat di danau Nahuel Huapi dan danau Lagos Patagonicos.

Dua Sisi

Ada lagi kota yang memiliki dua wajah berbeda. Kota-kota ini diakui mampu menarik perhatian besar wisatawan lokal dan mancanegara namun di sisi lainnya mereka juga dikenal sebagai kota yang identik dengan kemiskinan. Rio de Janeiro di Brasil adalah kota yang identik dengan pariwisata pantai dan menjadi tujuan warga Eropa di musim panas. Rio juga dikenal dengan kota yang memuiliki “hiburan malam” sensasional, karnaval setiap hari dan festival di mana-mana. Namun di sisi lain Rio juga dikenal dengan nama lain favela alias pemukiman kumuh terbesar di Amerika Selatan berkat sumbangsih dari salah satu daerah di distriknya yang bernama Rocinha. Daerah ini juga dikenal dengan peredaran obat bius dan senjata illegal serta pratek prostitusi jalanan serta tingkat kriminalitas yang tinggi. Rocinha sangat tidak disarankan bagi para wisatawan yang ingin menetap di sana. Wajah glamour Rio de Janeiro seakan pucat dengan kehadiran Rocinha yang oleh pemerintahnya sendiri seakan enggan untuk dibenahi.

Kota lain yang identik dengan kemiskinan dan kekumuhan adalah distrik Dharavi di Mumbai, India. Dihuni lebih dari setengah juta orang dan mendapat predikat sebagai perkampungan kumuh terbesar di Asia. Namun di sisi sebaliknya perkampungan ini juga menjadi penyumbang devisa karena hampir sebagian besar penghuninya bekerja sebagai pengrajin tembikar yang laku diekspor ke Eropa. (yuk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: