talking, laughing, posting, sharing …

Pernah dengar cerita seorang teman yang mengalami gangguan lambung akut yang menahun, kasihan sekali. Rasanya seperti terbakar, tidak nafsu makan dan sakitnya ampun-ampunan. Tergugah, saya iseng google beberapa fakta tentang lambung. Kebetulan tulisan saya ini pernah juga diunggah pada sebuah situs kesehatan.. Semoga bermanfaat …

UMPAN LAMBUNG 1

Hey, apa yang ada di benak Anda saat mendengar kata lambung? Banyak dari kita yang melupakan fungsi dan keberadaan organ penting di dalam sistem pencernaan ini. Lambung mungkin kurang familiar dibandingkan organ lain seperti jantung, paru-paru ataupun ginjal. Namun jangan salah, lambung juga harus dijaga karena perannya sebagai tangki pencerna makanan. Kalau tidak, penyakit ringan seperti maag, kembung, mual, diare sampai resiko kanker lambung bisa mengancam kita.

Lambung adalah organ tubuh yang berfugsi untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Letaknya setelah kerongkongan, memungkinkan lambung menerima semua benda yang masuk dan mencernanya untuk kemudian menyerap sari makanan penting bagi tubuh. Lambung memproduksi enzim dan asam-asam untuk membantu tugasnya yang berat tersebut.

Gangguan pada lambung biasanya diakibatkan dengan pola makan yang tidak teratur, stress dan beberapa faktor lainnya. Gangguan pada lambung yang parah mengakibatkan kinerja lambung tidak maksimal, terjadi infeksi pada dinding lambung karena meningkatnya asam lambung dan tentu saja berpengaruh pada kinerja organ lainnya seperti hati, jantung, ginjal dan lainnya.

UMPAN LAMBUNG 2

Anda menderita gejala mual, muntah, diare atau kram dan nyeri perut? Bersamaan dengan itu disertai dengan badan meriang, sakit kepala, nyeri otot, dan rasa kelelahan di seluruh badan? Hati-hati, cepat periksakan diri ke dokter, jangan-jangan Anda terkena flu lambung. Apa itu? Flu lambung atau stomach flu disebabkan oleh virus Norovirus yang aktif di suhu udara dingin. Pertama kali dilaporkan mewabah tahun 1968 di Norwalk, Ohio, untuk itulah virusnya dinamakan Norovirus.

Flu lambung memang disertai gejala hebat, namun jangan kuatir, hal itu akan mereda dengan sendirinya dalam dua hari. Bagaimanapun gejala tersebut bisa menjadi ancaman serius bagi balita, orang jompo dan orang dengan daya tahan tubuh rendah. Sampai sekarang belum ditemukan penangkal bagi flu lambung, beberapa pengobatan lebih ditekankan untuk menghentikan diare, mual demam dan meriang yang menyertai gejalanya.

Untuk mencegahnya, selalu menjaga kebersihan tangan dan kaki, membiasakan diri mencuci peralatan makan dan minum dengan sabun, dan miliki gaya hidup sehat. Sebuah penelitian terbaru di AS oleh CDC’s Morbidity and Mortality Weekly mengatakan Norovirus menular juga melalui perangkat komputer dan keyboard yang terkontaminasi Norovirus. Untuk itu, mencuci tangan dengan disinfektan sebaiknya dilakukan juga setiap saat selesai bekerja di depan komputer. Sedia payung sebelum hujan, oke?

UMPAN LAMBUNG 3

Mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari sangat baik bagi sistem pencernaan kita. Sayur merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral. Juga mengandung zat yang bukan gizi tapi sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh manusia. Demikian halnya buah yang mencukupi kebutuhan tubuh untuk vitamin dan zat-zat lainnya. Salah satu indikasi dari lancarnya sistem pencernaan adalah dengan memantau periodik buang air besar (BAB). Dalam sehari setidaknya seseorang harus BAB satu kali. Namun terlalu banyak BAB juga mengindikasikan pencernaan terganggu.

Jadi jika Anda mengalami sulit BAB, atau BAB secara tidak teratur, cobalah periksakan diri ke dokter terdekat. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sayuran dan buah untuk pencernaan yang sehat.

UMPAN LAMBUNG 4

Usus buntu atau apendiks hanya salah satu bagian dari organ pencernaan kita. Letaknya pun tersembunyi, bentuknya kecil dan ukurannya pendek, sering disebut umbai cacing oleh masyarakat awam. Tapi kalau si kecil ini sudah terkena radang, bisa repot kita! Sakit pada perut bagian bawah sebelah kanan? Ya, itu salah satu gejala yang menyertai penyakit yang lazim disebut usus buntu ini. Namun celakanya, gejala ini justru sering dianggap sepele dan penderita biasanya membeli obat maag yang banyak dijual bebas. Hasilnya? Si kecil Apendiks ini semakin meradang, membuat penderitanya mengalami nyeri hebat bahkan saat sedang berjalan sekalipun.

Hingga saat ini cara yang dilakukan untuk mengatasi radang usus buntu adalah dengan melakukan operasi. Namun ini semua harus ditentukan oleh dokter dan melakukan serangkaian pemeriksaan. Biasanya Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik meliputi pemeriksaan panggul, rektum (dubur), pemeriksaan laboratorium darah, urin, rontgen abdomen (perut),USG (bila Perlu) dan CT scan (bila perlu).

UMPAN LAMBUNG 5

Penyakit yang diakibatkan asam lambung terkadang dianggap sepele oleh pasien. Padahal, jika asam lambung ini naik ke tenggorokan atau kerongkongan, akan menyebabkan kerusakan saluran tenggorokan yang pada gilirannya akan menyebabkan kanker. Naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa disebabkan banyak hal. Baik itu pola makan maupun pola hidup tidak sehat, hingga faktor kegemukan. Pola makan yang tidak sehat di antaranya mengonsumsi teh, kopi, dan juga kebiasaan menghisap rokok. Dalam dunia kedokteran, penyakit akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan (esofagus) itu disebut GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).  (yuk)

Comments on: "Fakta Tentang Lambung (Part 1)" (1)

  1. syauqi dzulfikar said:

    ​​Ϊnϊ sangat membantu saya untuk mengerti tentang arti sakit lambung ​Ϊni sangat baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: