talking, laughing, posting, sharing …

Gunung salju bukan lagi milik para pecinta ski es. Jangan kaget jika Anda melihat sepeda BMX meluncur dari bukit bersalju dan bermanuver layaknya pemain ski!

Ski Biking

Revolusi menjadi kunci olahraga Ski Biking. Olahraga yang mainstreamnya diambil dari ski es ini memang memang memiliki banyak kesamaan. Hanya saja Ski Biking memiliki tingkat kesulitan, cedera hingga penggemar fanatik yang tidak kalah dengan cabang seniornya. Seperti namanya, meluncur dengan Ski Biking berarti memadukan skill bersepeda dan ski es secara bersamaan. Jangan lupa, Anda juga butuh nyali yang besar.

Sebuah sepeda dimodifikasi J. Stevens di tahun 1892 untuk membantunya menuruni bukit bersalju. Modifikasinya diklaim sebagai alat transportasi unik dan memperoleh hak paten. Stevens sendiri tentu tidak pernah mengira idenya ini di kemudian hari menjadi sebuah cabang olahraga ekstrim yang digemari masyarakat Amerika dan Eropa. Pada tahun 1911, sebuah sepeda salju yang terbuat dari rangka besi dikembangkan di Grindewald, Swiss dan publik mulai menyadari adanya alat transportasi baru di salju selain kereta salju dan ski es.

berani mencoba ski biking ??

Kini Ski Biking bukan lagi hadir sebagai alat transportasi, melainkan menjelma menjadi salah satu olahraga ekstrim yang digemari anak muda. Tingkat adrenalin yang tinggi serta membutuhkan personal skill yang mumpuni membawa olahraga ini dekat dengan anak muda. Jacek Stalmach, pemegang rekor empat kali juara dunia Ski Bike mengatakan kunci ketenaran olahraga ini karena faktor resikonya. “Saya pernah mengalami semua yang diperlukan untuk masuk rumah sakit selama tiga bulan. Tapi setelah itu saya semakin tertantang untuk menaklukkan es dengan ski bike. Kita bertanding melawan adrenalin, waktu dan rapuhnya lintasan es,” ujarnya seperti dikutip majalah SnowBoard.

Setiap tahunnya di AS memang dipertandingan Ski Biking sebagai kejuaraan nasional, namun tidak jarang juga diikuti berbagai atlet dari luar negeri. Mantan orang nomor satu di AS sendiri, Richard Nixon terkenal sebagai salah satu penggemar berat olahraga ini. Dalam Olimpiade musim dingin yang kerap digelar di negara-negara 4 musim, cabang Ski Biking atau dikenal juga dengan Ski Bob tidak luput dipertandingkan sejak 1995. Di Asia, Jepang dan Korea Selatan paling sering mengirimkan atletnya berlaga.

Ski Biking memadukan kelenturan tubuh serta keseimbangan yang baik. Para atlet menggunakan semacam sepeda yang telah dimodifikasi dengan mengganti kedua rodanya dengan seluncur es. Para atlet duduk dengan kedua kaki menyangga sebagai penyeimbang saat melakukan manuver. Mereka tidak diizinkan menyentuh es dengan kedua tangannya, dan jika mereka terjatuh maka nilai dalam perlombaan akan didiskualifikasi.

Faktor resiko yang paling besar dalam olahraga ini adalah patah tulang, lebam dan memar hingga yang paling fatal adalah kematian. Meski belum pernah dilaporkan merenggut korban jiwa, lintasan es yang menurun memang rawan longsor dan dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu para pemain ski bike wajib mengenakan helm, kacamata sampai pelindung siku dan lutut serta baju yang didesain khusus untuk suhu ekstrim. Baju yang dikenakan mereka dirancang untuk dapat membuat tubuh tetap hangat ketika mereka tertimpa longsoran salju dan terjebak di dalamnya selama dua jam. (yuk)


Sepeda Ski

Volgemel adalah sepeda ski pertama yang diproduksi secara missal. Di tahun 1939 muncul sebuah film produksi MGM berjudul Ski Bird. Dalam film itu mereka juga membuat disain revolusioner untuk sebuah sepeda salju. Namun sayang ide brilian itu tidak pernah diwujudkan dalam produksi missal. Di tahun 1940 an, Engelbert Brenter, pemain ski dari Austria mempatenkan temuannya dengan nama Sit Ski. Di era 80-an sepeda BMX adalah sepeda yang paling sering dimodifikasi menjadi sepeda ski.

Hingga kini telah berkembang ratusan model sepeda ski. Kebanyakan pabrik pengembangnya berasal dari Kanada, Austria dan Jerman. Para atlet ski bike dari Amerika Serikat dikenal karena mereka membuat sendiri sepeda saljunya untuk mengikuti sebuah perlombaan. Biasanya mereka membeli ski bike yang usang, mengadakan perbaikan dan modifikasi hingga akhirnya siap tampil dalam perlombaan. Harga sepeda salju yang terbaru rata-rata lima ribu dollar.

Ski Bike Resort

Meski telah berusia puluhan tahun, olahraga Ski Bike sendiri ternyata masih butuh pengakuan dari kalangan pecinta olahraga salju. Kebanyakan resort ski bahkan tidak mengizinkan pengunjungnya untuk bermain ski bike. Bisa dibilang di AS sendiri olahraga ini masih menjadi “olahraga aneh” yang kerap dipandang sebelah mata. Tidak heran jika kemudian olahraga ski bike identik dengan anak muda, berjiwa sportif, butuh tantangan dan enerjik. Dari beberapa resort ski di tanah Amerika, nama resort Lake Louise di Alberta (Kanada), Durango Mountain di Colorado (AS) dan Mount Baker di Washington (AS) menjadi surga bagi para pecinta ski bike.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: