talking, laughing, posting, sharing …

Masih berhubungan dengan lambung dan berbagai tipsnya. Semoga bermanfaat !

UMPAN LAMBUNG 11

Anda penggemar sayuran brokoli? Sebaiknya tetap mempertahankan kegemaran itu karena dalam study terbaru terbukti bahwa mengkonsumsinya secafra teratur bisa mengurangi resiko terkena kanker lambung. Tes laboratorium menemukan bahan kimia bernama sulforaphane (SFN), yang bisa membunuh Helicobacter pylori (kuman penganggu kerja lambung). Tentu saja, ini memberi dampak sangat positif bagi kesehatan. Apalagi kuman tersebut penyebab utama kasus luka dan kanker lambung. Tak hanya baik bagi kesehatan lambung, brokoli memiliki sifat anti-acet

lambung sehat, tubuh andapun sehat

ylcholinesterase, yang baik bagi penderita Alzheimer. Penelitian yang dilakukan King’s College London menyatakan bahwa brokoli memiliki sifat anti-acetylcholinesterase yang paling kuat dibandingkan sayuran lainnya. Oleh karena itu brokoli digunakan dalam penelitian lebih lanjut untuk mencari senyawa yang memunculkan sifat tersebut, dan didapatkan kandungan glucosinolates, kelompok senyawa yang lazim terdapat pada keluarga kubis-kubisan (brassicaceae).

UMPAN LAMBUNG 12

Berhati-hatilah saat Anda hendak mengkonsumsi obat anti nyeri untuk mengatasi rematik. Obat rematik yang tidak tepat, berpotensi menyebabkan kerusakan lambung dan usus dua belas jari. Kenapa? Rematik, pegal linu, nyeri otot dan sendi. Penyakit-penyakit tersebut tentu tak asing lagi. Apalagi para lansia (lanjut usia) yang memang dekat dengan aneka penyakit degeneratif seperti pengapuran tulang dan sendi, osteoporosis, juga gangguan rematik berupa radang sendi atau radang otot. Akibatnya mereka gampang saja membeli obat di warung atau toko obat terdekat untuk mengobati sakitnya, padahal tidak semua obat lambung aman dikonsumsi tubuh. Obat rematik merupakan penghilang rasa sakit (pain killer) yang secara umum dikategorikan sebagai obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS/ NSAID). Kalangan medis sering kali menyebut gangguan lambung akibat NSAID sebagai Gastropati NSAID. Dampak langsung obat rematik adalah merusak dinding dalam lambung dan factor pelindung lambung. Adapun gejala yang kerap timbul sebagai efek samping obat ini, antara lain gangguan maag berupa rasa sakit atau tidak nyaman di ulu hati, mual, muntah, perlukaan di lambung dan usus dua belas jari, hingga terbentuknya tukak pada kedua organ tersebut. Hasil akhirnya? Kita semua tahu kan? Untuk itulah mulai berhati-hati mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit.

UMPAN LAMBUNG 13

Pernah mendengar soal diet berdasarkan golongan darah? Nah buat Anda yang bergolongan darah A, silahkan baca artikel ini. Pemilik golongan darah A disarankan mengonsumsi bahan makanan yang sedikit mengandung lektin. Para pemilik golongan darah ini memiliki lambung dengan kandungan lektin rendah. Jika asupan lektin berlebihan, dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan lambung. Selain itu, mereka yang bergolongan darah A menghasilkan lendir lebih banyak dibanding golongan darah lainnya. Keadaan ini menimbulkan risiko terhadap penyakit jenis alergi, seperti asma, infeksi telinga, dan gangguan pada pernapasan. Makanan yang dianjurkan adalah dari kelompok nabati. Sumber hewani bisa diperoleh dari ikan dan ayam kampung, ini pun dengan jumlah dan frekuensi terbatas. Susu yang dianjurkan adalah susu fermentasi (yogurt atau kefir), krim tanpa lemak, keju alami, telur dalam jumlah terbatas (dari jenis organik atau telur ayam kampung), lemak dalam jumlah terbatas, kacang-kacangan seperti kenari, biji-bijian, almon, susu kedelai alami. Orang dengan golongan darah A ini semestinya memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan segar. Makanan yang harus dihindari karena banyak mengandung lektin atau makanan yang bisa merangsang tubuh memproduksi banyak lendir adalah hidangan laut berwarna putih seperti cumi-cumi dan kakap putih, daging sapi, susu, keju hasil olahan industri, kacang merah, kacang tolo, roti, kue-kue, cake, kentang, kol, mangga, pepaya, jeruk impor, dan pisang. Juga bahan makanan olahan seperti sosis, kornet, dendeng, ham, dan daging asap, minyak jagung, minyak kacang tanah.

UMPAN LAMBUNG 14

Sebuah penelitian di Jepang baru-baru ini menemukan angka yang signifikan dari penurunan jumlah konsumsi garam dapur harian dari masyarakatnya terhadap angka penderita kanker lambung. Rupanya, orang Jepang dengan kebiasaan makannya yang khas, membuat mereka mengonsumsi garam dalam jumlah yang lumayan tinggi yakni 13,5 gram (lebih dari satu sendok makan) setiap hari. Bandingkan dengan penduduk Amerika yang rata-rata hanya mengonsumsi 8,6 gram setiap hari. Nah, beberapa tahun terakhir ini, konsumsi garam rata-rata penduduk Jepang menurun sampai menjadi 11,4 gram setiap hari. Hasil upaya menurunkan konsumsi garam ini dianggap sebagai keberhasilan paling penting di Jepang. Upaya pencegahan lainnya, jangan lupa mengonsumsi banyak sayur dan buah. Kurangi juga konsumsi makanan yang mengandung garam. Teri asin dan ikan yang diawetkan dengan diasinkan memang enak di lidah, tetapi makanan ini racun untuk lambung dan dapat mengakibatkan kanker lambung.

UMPAN LAMBUNG 15

Pikiran yang tenang serta kondisi tubuh yang prima menjadi kunci aman untuk terbebas dari derita gangguan lambung dan bakteri Helicobacter Pylori (H. Pylori) penyebab tukak lambung. Selain itu menjaga pola makan juga penting dilakukan agar lambung tetap dalam kondisi yang baik dan populasi baketri H. Pylori tidak berlebihan. Tidak semua yang terinfeksi kuman ini mesti jatuh sakit. Kenyataannya, cukup banyak orang yang tidak merasakan apa pun, meski kuman ini telah tumbuh, berdomisili di lambungnya. Angka yang ada menunjukkan, mereka yang terganggu H. Pylori hingga muncul radang lambung, berlanjut dengan perkembangan baru. Ada 10-20 persen yang kemudian menjadi tukak lambung. Angka yang sama juga terjadi di usus besar (10-20 persen). Adapun yang menjadi kanker lambung hanya sekitar 1 persen, itu pun membutuhkan waktu 20-30 tahun. Meski kemungkinannya kecil, tetap saja masalah itu harus menjadi perhatian. Jadi menjaga pikiran tetap tenang dan tidak mudah stress membawa tubuh mengontrol setiap organnya untuk bekerja dengan baik dan normal. Mudah kan? (yuk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: