talking, laughing, posting, sharing …

Tulisan seri terakhir tentang lambung dan kawan-kawannya.. semoga bermanfaat…

UMPAN LAMBUNG 16

Sejak lama kita sering mendengar madu murni memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Salah satu faedah yang paling penting dari madu adalah menjaga kesehatan lambung. Mengkonsumsi madu secara teratur setiap hari dipercaya bisa membawa efek yang baik bagi lambung kita. Madu bermanfaat untuk kesehatan lambung. Ambil 3 sendok madu tanpa air. Diminum setiap pagi sebelum sarapan pagi. Setelah kira-kira 15 menit minum satu gelas air hangat. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk memperkuat tubuh secara alamiah. Selain madu, konsumsi yoghurt secara rutin juga baik bagi kesehatan lambung.  

UMPAN LAMBUNG 17

Maraknya beras yang diputihkan menggunakan zat kimia ternyata juga membawa pengaruh besar bagi orang yang rutin menyantapnya. Masyarakat Indonesia yang mayoritas menjadikan nasi sebagai menu makanan pokoknya, kini harus semakin waspada apabila menemukan beras berwarna putih, mengkilap, jernih, dan licin karena beras tersebut diduga mengandung klorit (zat pemutih) yang membahayakan kesehatan lambung. Beras itu diputihkan menggunakan klorit dan apabila dikonsumsi secara kontinyu sekitar 15 hingga 20 tahun dipastikan akan membahayakan kesehatan karena sifat pada zat itu akan menggerus usus pada lambung (korosit), sehingga lambung rawan terhadap penyakit maag.

Untuk menghindarinya dianjurkan untuk selalu mencuci bersih beras yang akan dikonsumsi. Jangan mudah tertipu dengan tampilan beras yang terlihat putih dan mengkilap, karena sejatinya warna beraas adalah kekuningan. Dengan mencucinya bersih, dipastikan Anda akan mendapatkan beras sehat yang siap untuk dikonsumsi.

UMPAN LAMBUNG 18

Jika setelah melahirkan perut Anda terasa sakit seperti ditusuk-tusuk, jangan langsung panik. Sakit lambung yang selama ini banyak diperkirakan orang karena stres, bisa jadi dialami juga oleh para ibu yang merasa lelah setelah melahirkan dan mengurus bayinya. Jika gejalanya hanya kembung dan sembuh dalam beberapa jam, mungkin memang hanya karena gangguan meningkatnya asam lambung yang ringan.

Sekalipun begitu, sakit lambung yang terus-menerus perlu diperhatikan dengan serius, karena mungkin saja terjadi akibat luka di dinding lambung yang kemudian memproduksi bakteri. Luka ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Antara lain, karena obat, atau karena asam lambung yang terlalu banyak sehingga merusak dinding lambung.

Beberapa jenis obat memang ada yang merangsang terjadinya luka di dinding lambung, sehingga jika Anda ke dokter dengan keluhan sakit lambung, sebaiknya juga menyampaikan obat apa saja yang Anda minum sehari-hari. Jika sakit tersebut disebabkan oleh obat-obatan yang bisa menggerus dinding lambung, maka dokter biasanya akan menghentikan pemakaian obat tersebut, selain obat-obatan yang menurunkan asam lambung.

UMPAN LAMBUNG 19

Selama ini penderita gangguan lambung umumnya menghindari konsumsi buah-buahan untuk menyelamatkan lambungnya. Padahal, ternyata konsumsi bauh-buahan tertentu dapat menjadi perisai yang baik teradap masalah lambung.

Baru-baru ini, sejumlah peneliti menemukan bahwa ekstrak kulit jeruk yang disebut d-limonene dapat menjadi perisai yang bermanfaat bagi lambung Anda. Selain itu, buah-buahan alami dari keluarga berry (berries) juga dapat membantu mengurangi masalah lambung. Kandungan zinc (zat besi), carnosine, dan antioksidan yang dihasilkan dari buah tersebut bukan hanya baik untuk kulit tetapi juga membantu membunuh bakteri jahat dalam penvcernaan dan mencegah terjadinya komplikasi  maupun infeksi dan peradangan dalam lambung.

Tetapi yang terpenting, saran para peeliti dan pakar kesehatan lambung adalah, dengan menghindari alkohol, stres, obat-obatan, dan diet yang berlebihan.

UMPAN LAMBUNG 20

Mungkin kita sering mengabaikan gula aren sebagai bahan makanan yang bisa kita konsumsi sehari-hari. Namun jangan salah, gula bongkahan berwarna kecoklatan ini ternyata punya khasiat yang baik untuk pencernaan kita. Pertama, selain glukosa, gula aren mengandung protein kasar, mineral, dan vitamin. Kedua, warna cokelatnya ternyata adalah kandungan serat makanan yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Dan ketiga, terdapat senyawa – senyawa yang berfungsi menghambat penyerapan kolesterol disaluran pencernaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: