talking, laughing, posting, sharing …

Siapa yang kenal nama Bara Pattiradjawane lima tahun lalu? Ya, saat itu mungkin dia belum setenar sekarang. Namun satu persamaan Bara yang dulu dan sekarang adalah dia tetap suka masak. Bahkan kegemarannya bereksperimen di dapur telah mulai sejak ia berusia 12 tahun!

Bara, nyaris jadi diplomat ..

“Saya dilahirkan di keluarga Ambon dan Manado, dan kultur kami di sana adalah makan. Waktu kecil kebetulan saya ikut orangtua di Belanda karena mereka ditugaskan negara. Kami tidak punya pembantu dan anak-anak harus mandiri. Di sana kebanyakan aktivitas kami dilakukan di dapur, bahkan kami sering berkumpul di dapur. Semua bisa masak, ibu saya, nenek saya dan saya pun karena sering melihat mereka akhirnya jadi senang masak,” ujar Bara mengawali ceritanya.

Pria yang pernah mengambil kuliah jurusan Hubungan Internasional di salah satu universitas di Austria ini memang awalnya bercita-cita jadi diplomat. “Saya seperti kebanyakan anak laki-laki pada umumnya menyukai dunia politik dan seni, dan sempat berpikir untuk jadi diplomat. Apalagi tugas orangtua saya berhubungan erat dengan hal itu. Tapi setelah dipikir-pikir saya ternyata memang tidak bisa bekerja seperti itu. Pertama, saya susah bangun pagi. Kedua, saya orangnya keras kepala dan susah diatur. Jadi rasanya tidak mungkin deh jadi pegawai kantoran,” ujar Bara sambil tertawa.

Bara mengaku tidak pernah risih dengan dunia masak-memasak yang diidentikan dengan kaum perempuan. “Apakah salah kalau pria bisa masak? Tidak kan? Saya juga tidak menyuruh semua pria bisa masak tapi setidaknya saat mereka masuk dapur tidak canggung. Jadi sewaktu-waktu jika mereka sedang sendirian di rumah dan kelaparan, bisa masak kan? Saya juga awalnya memasak untuk diri sendiri kok,” tambahnya.

Menurut Bara, tips sederhana untuk bisa memasak adalah berani bereksperimen dan jangan takut gagal. “Saya juga bukan jago dan tidak pernah gagal. Beberapa kali dalam kesempatan syuting juga sempat resepnya gagal dan saya bilang ke penonton untuk kita mulai dari awal lagi. Pokoknya jangan takut gagal.” Kesibukannya di layar kaca mengasuh rubrik memasak Gula-Gula tidak dirintis Bara dalam waktu singkat. Ia harus menunggu lima tahun untuk akhirnya bisa mempunyai acara sendiri. “Agak kebetulan juga. Jadi awalnya ada majalah yang memuat profil saya dan kemudian saya dihubungi oleh mba Rima Cynthia dari Trans TV. Mereka bilang tertarik dan ingin bertemu, setelah beberapa kali ngobrol-ngobrol dan ketemu, akhirnya jadi deh acara tersebut. Tapi ini semua adalah satu proses yang panjang,” ujar pria berusia 45 tahun ini.

Kini setelah membuka sebuah bistro di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, Bara juga siap meluncurkan sebuah buku resep atas namanya sendiri. “Buku ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Isinya sebenarnya ditujukan pada anak-anak laki-laki yang kost atau tinggal di apartemen sendirian. Intinya menekankan pada mereka bahwa memasak itu tidak sulit. Tapi jangan salah, menu-menunya pun bukan menu ringan saja. Bervariasi deh pokoknya, siapin kompor, panci dan bahan yang mudah didapat maka makanan siap deh,” ujar pria yang mengaku tidak suka pergi ke mall ini. Untuk mengisi waktu luang Bara lebih memilih pergi ke supermarket ketimbang sebuah mall. “Saya orangnya tidak nyaman jika ada orang yang ngeliatin dan bisik-bisik, atau menjadikan saya pusat perhatian. Tidak pede aja dengan hal itu. Karena itu saya lebih suka pergi ke supermarket pada hari Senin pagi, yang tidak terlalu ramai dan agak lengang. Saya bisa habiskan bejam-jam di supermarket sambil melihat-lihat bahan makanan dan bumbu-bumbu serta mencari inspirasi menu.” (yuk)

Comments on: "Chef Bara Pattiradjawane – Nyaris Jadi Diplomat –" (14)

  1. dian dianisch said:

    Hai chef Bara.Ni Dian.Aku sebenernya nge-fans banget ma kamu.Jujur,cita-cita ku pengen jadi penerus Chef Bara.Sebenernya waktu chef bara bikin sayembara yg berhadiah ketemu chef q dah mo ngirim.tapi malah kelupaan jadinya q ga jadi ketemu chef.harap segera di balas

    • cengrenges said:

      wah, coba chef bara baca testi kamu ya.. oke deh, thnx dah visit ya..😉

    • Bara Gula Gula said:

      Dear Dian..
      Kesempatan mengirim resep dan masak beersama saya di GulaGula masih terbuka kok..
      Coba kirim resep andalan kamu yang menarik ke: timgulagula@gmail.com
      Gud luck and happy cooking!
      Bara

  2. dian dianich said:

    chef.sebenernya dulu waktu chef Bara belom jadi chef,apakah dulu cita_cita kakak chef? .Atau karna kebetulan

  3. dian dianich said:

    Oh ya chef.Qpengen nya sih bisa on line sn ms chef.klo mau langsung aja ke email ku.Nich;dianichchef@yahoo.co.id.saya harap chef mau!

    • cengrenges said:

      Hai dian, saya kirimkan no kontak chef ke imel kamu ya.. semoga bisa kontak dengan dia..

  4. dian dianich said:

    Ku tunggu lho chef!boleh ga’.q minta email chef?

  5. hi chef
    sy senang bgt dgn acara gula – gula di trans tv. Awal saya tdk begitu senang dgn kegiatan dapur khusus mmasak, tp setelah menonton acara gula – gula saya mrasa tertantANG KOK saya gak bisa masak sedangkan chef bara bisa, saya jadi malu!!!!!!!!
    chef bara yang ganteng bisa g saya minta email chef.
    ni imail sy Sangkot_jeri@yahoo.com
    trimakasi

  6. dianich qyu said:

    Chef….
    maaf soal email saya yg namanya dian dianich saya ganti menjadi dianich qyu….dan email saya ganti sadiahchef@yahoo.co.id
    maaf, karena saya lpa kata sandinya

  7. Malam chef..salam kenal,,saya fiona, sbnrnya aku td cuma kepikiran sama hal2 yg berbau kue,,jdnya lgsg inget chef bara, aku tuh suka bereksperimen, walaupun ujung2nya gatot alias gagal total..tiap x buat cemilan atau kue, pasti adik2ku suka ngatain buatan aku g enak hehe… tp aku masa bodo’, mgkn bs dblg aku orgnya keras kepala, jd kl ada yg ngremehin aku, aku g suka n akn aku buktiin kl aku g spt yg mereka blg..
    Yaah critanya jd nglantur nih..pdhl cuma mau nny..apa chef bara buka kursus bikin kue atau masakan??? aku maauu bgt..biar ada kegiatan n bs aku jadiin bisnis🙂

    Chef, sbnrnya aku lulusan akuntansi dan seharusnya aku tuh krj di bank ( kl mnrt pikiran org2), tp g tau knp aku g mau bgt krj di kantoran (bkn krn minder n tkt krj dbwh tekanan) tp aku mau jd Pengusaha..dan belajar mnjd seorang pemimpin bagi diri aku n bs membantu org dgn mmbuka lapangan krj, insyaallah jika usaha aku sukses..

    tp skrg aku lg down..krn bnyk org di sekitar aku yg krg mendukung..mereka mau nya aku krj kantoran (di bank) krn terjamin..Apa aku slh yaa chef dgn pemikiran aku yg keras..??

    aku share krn melihat kesuksesan chef bara dlm hal memasak dan aku tau itu bth brtahun2..maka dari itu..aku mau chef bara kasih motivasi n smangat, biar aku bs spt chef bara..

    maaf kl kepanjangan ya chef..🙂

  8. Oiya..aku lupa kasih tau..sbnrnya aku udah pnh krj..jd sdh ada pengalaman krj lah,,walaupun hny sbntr..

    Dan skrg aku buka online shop dan bercita2 ingin mendirikan konveksi…

    Tapi slain online shop, aku tuh jg mau buka bisnis makanan..makanya aku jd keinget chef bara (si ahli kue) hehe ^_^

    Jadinya mau tau..apa buka kursus?? coz pgn bgt sbnrnya🙂

  9. Apa kabarnya Bara sekarang ? Benar ga sih kalo dia sekarang sedang sakit…. Kangen liat Bara di Gula gula….. Miss you Bara….

    • cengrenges said:

      Olla, sayang sekali saya tidak update dengan kabar terakhir Bara. Terimakasih untuk atensinya🙂

Leave a Reply

