talking, laughing, posting, sharing …

Urusan berdandan bukan lagi monopoli kaum wanita. Setidaknya, kemajuan zaman dan bergesernya nilai-nilai hidup di masyarakat telah membuat kaum pria menjadi sasaran berbagai produk kecantikan dan bedah plastik untuk memperbaiki penampilannya.

Kematian legenda musik pop Michael Jackson meninggalkan kontroversi. Dibalik penyebab kematiannya yang masih simpang siur, Jacko juga terlilit hutang yang besar. Lepas dari itu semua, semasa hidupnya MJ -demikian ia dijuluki orang- menjadi bukti nyata dari kemajuan bedah plastik dan teknologi kecantikan selama dua dekade lebih. Selain mereparasi wajah dan penampilannya, sebagian rambut yang tumbuh di kepala sang superstar konon juga hasil hair implant.

Menurut data dari America Society of Plastic Surgeons pada tahun 2004 di Amerika Serikat (AS) saja tercatat lebih dari sejutaan klien pria melakukan operasi estetik untuk mencapai penampilan yang terlihat lebih muda dan membuat mereka nyaman dalam kegiatan sehari-hari. Di AS setidaknya merubah penampilan oleh kaum Adam meliputi lima operasi paling diminati, diantaranya hair implant dan neck lifting.

Proses operasi yang terakhir adalah sebuah prosedur mengangkat atau mengurangi jaringan lemak di bawah dagu atau daerah leher sehingga merubah penampilan seseorang terlihat menjadi lebih muda. Sementara prosedur operasi lain yang diminati para pria untuk memperbaiki citra fisiknya adalah chemical peel, liposuction dan implant. Sebagai gambaran, chemical peel adalah prosedur perawatan permukaan kulit wajah pria. Metode ini dilakukan dengan cara yang berbeda dari wanita. Setelah melakukan perawatan ini, disarankan pria tidak boleh mencukur kumis hingga kurang lebih tiga bulan. Dalam banyak kasus, wajah akan mengalami bengkak dan sensitif selama beberapa minggu. Klien pria tidak diperbolehkan mengkonsumsi alkohol selama empat bulan, karena alkohol dapat menyebabkan warna kemerahan pada wajah. Sedangkan liposuction adalah pengurangan jaringan lemak yang hampir mirip prosesnya pada wanita. Lazimnya dikenal dengan istilah sedot lemak. Bagian yang paling sering mengalami proses ini adalah perut dan pinggang dari kaum Adam.

Untuk bagian perut biasanya disebut abdominal etching yang kurang lebih diartikan sebagai proses membentuk jaringan otot pada perut sehingga abdominal terlihat lebih kekar dan berisi. Sedangkan proses implant adalah menambah massa otot pada pria terkhusus di daerah lengan, dada, bahu dan punggung. Biasanya proses ini dilakukan dengan memindahkan jaringan lemak dari satu daerah tubuh ke daerah yang diinginkan.

Gaya Metroseksual

Bagi pria di Indonesia, sepuluh tahun lalu jika bicara urusan merawat tubuh dan wajah mungkin terdengar janggal. Perbedaan budaya dan pola hidup masyarakat kita dengan orang-orang di benua Eropa memang menjadikan grooming -merawat wajah dan tubuh- sebagai bagian gaya hidup jelas membuat hal ini kurang popular di Indonesia. Namun beriring kemajuan zaman, arus moderinsasi dan informasi kini membawa grooming menjadi hal yang lazim dilakukan pria di Indonesia.

Namun jika kita bicara data sahih, maka jawabannya tidak bisa kita pukul rata. Karena sampai sekarangpun tidak ada data akurat atau survey khusus yang mengatakan secara pasti jumlah pria yang rajin merawat tubuh dan wajahnya atau rela melakukan operasi plastic untuk memperbaiki penampilannya. Dalam bukunya The Metrosexual Guide to Style, sang penulis Michael Flocker secara gamblang memaparkan pergeseran perilaku pria-pria dewasa ini. Dulu, boleh dibilang hanya orang-orang homoseksual yang memperhatikan penampilan seperti cara berpakaian, pergi ke salon atau spa dan latihan rutin di tempat-tempat kebugaran untuk membentuk badan.

Sebaliknya, pria heteroseksual cenderung cuek dan tidak peduli dengan penampilan. Tetapi zaman berubah. Pembagian itu kini tidak jelas lagi batasannya. Pria-pria hetero mulai senang mematut diri di depan cermin dan melakukan berbagai upaya untuk tampil keren, berpotongan rambut dengan rapih dan membentuk badan yang juga seksi. Mereka tidak segan pergi ke tempat-tempat yang juga banyak dikunjungi kaum hawa seperti spa dan bahkan melakukan operasi kecantikan untuk memperbaiki penampilannya.

Ikon pria metrosexual yang terkenal getol membombardir media massa dengan produk-produk grooming adalah superstar sepakbola, David Beckham. Mantan gelandang serang Real Madrid ini memang kerap membintangi iklan produk-produk grooming seperti pisau cukur, shaving gel, minyak rambut, parfum hingga lotion wajah dan deodorant khusus pria. Kampanye Beckham dalam iklan-iklan tersebut terbilang sukses menularkan grooming ke seluruh dunia. Bagi para penggemarnya, khususnya kaum pria, apa yang dilakukan sang idola menjadi contoh yang patut ditiru.

Semakin canggihnya peralatan dan tekhnik operasi plastik memang membuat gaung dari operasi plastik menjadi nyaring terdengar. Bulan Februari lalu, sebuah rumah sakit di Fujian, Cina dihebohkan dengan seorang pria yang meminta dioperasi plastik wajahnya agar mirip dengan Andy Lau, actor idolanya. Pria paruh baya itu nekat memaksa dokter bedah plastik memperbaiki wajahnya agar tampil semirip mungkin dengan sang idola. Niat pria berdarah campuran Cina-Jepang itu tidak kesampaian karena ia menderita diabetes dan darah tinggi.

Asia Pasar Potensial

Seiring dengan itu, citra pria perkotaan yang tampil wangi, berwajah tampan dan berbadan padat berisi menjadi trend. Hal itu diberengi pula dengan gelontoran puluhan produsen kosmetika dan alat kecantikan yang melemparkan produknya untuk mengisi segmen pasar pria metroseksual ini. Benua Asia menjadi sasaran empuk. Selain jumlah pasarnya yang luas, kebangkitan ekonomi beberapa tahun silam di Asia menyisakan angkatan baru yang memiliki kemampuan ekonomi lebih baik dari generasi sebelumnya. Mereka inilah konsumen potensial dari produk dan metode perbaikan citra yang marak beredar.

Sebuah harian di Arab Saudi, Al- Hayat baru-baru ini menulis jumlah klinik kecantikan yang menyediakan jasa sedot lemak hingga cangkok rambut di negara itu meningkat angkanya hingga 35 butik. “Sepuluh tahun lalu jumlahnya sangat sedikit dan sekarang pusat bedah plastik seperti itu sudah membanjiri Arab Saudi,” rilis mereka. Menurut sebuah studi di negara Petro Dollar itu, sedot lemak, pengencangan payudara dan operasi hidung adalah pilihan bedah plastik untuk kecantikan yang paling populer di kalangan wanita. Sementara para pria banyak yang meminati pencangkokan rambut dan operasi hidung.

Sementara sebuah media lokal di Tiongkok pernah merilis fakta industri kecantikan ala plastik itu memutar uang hingga 2,4 miliar USD setahun atau sekitar 28 miliar Rupiah bagi negara. Edan. Bagaimana dengan Jakarta? Tidak jauh berbeda. Kini klinik atau butik yang menyediakan jasa operasi serupa dapat mudah dijumpai di sini. Prakteknya pun tidak lagi tersembunyi, namun hadir secara kasat mata. “Sekitar tiga tahun lalu saya tidak berkumis. Namun ada keinginan untuk memiliki kumis dan brewok tipis yang menghiasi janggut seperti pemain sepakbola idola saya. Tapi masalah muncul ketika hidung saya terlihat pesek dan kurang memuaskan. Seorang teman mengenalkan pada dokter di daerah Bogor yang bisa mereparasi bentuk hidung. Hasilnya? Saya puas sekarang,” ujar seorang rekan dekat bercerita pada saya.

Rekan saya lainnya mengakui mulai memperhatikan penampilan wajah, tubuh dan aksesoris penunjangnya sekitar setahun lalu. “Dulu saya termasuk pria overweight. Penggemar makanan cepat saji, minuman kaleng dan malas berolahraga. Kemudiaan saat mulai bekerja sebagai broker asuransi, saya merasa risih dengan kondisi tubuh. Karena malas berolahraga, saya ambil jalan singkat dengan sedot lemak dari pinggang dan perut. Prosesnya mudah dan mengembalikan kepercayaan diri dengan cepat,” aku pria yang melakukan operasi di sebuah klinik di Kelapa Gading ini.

Apa yang dikatakan beberapa rekan di atas memang bukan gambaran umum pria Ibukota. Namun merawat tubuh dan penampilan sejatinya kini tidak lagi diklaim milik kaum Hawa. Operasi kecantikan pun kini menjadi jalan pintas kaum Adam untuk mendapatkan penampilan yang diidam-idamkan. Sepertinya sah-sah saja bila seorang pria memutuskan untuk “memperbaiki” bagian hidung dan dagunya agar tampil mirip George Clooney atau Brad Pitt misalnya. “Kebanyakan pria di Asia pada umumnya mulai membuka pemahaman diri pada operasi plastik. Meski tidak semua setuju untuk melakukannya, tetapi jumlah pasien pria saya meningkat. Kebanyakan memang berlatar belakang eksekutif muda, tetapi ada juga yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga sampai tenaga pekerja biasa,” ujar dr. Leslie Kuek, seorang ahli operasi plastik di Singapura dalam websitenya.

 Jika bagi sebagian orang menganggap operasi plastik itu mahal dan hanya diperuntukkan bagi orang berkantung tebal, anggapan itu tidak selamanya benar. Biaya dari operasi plastic seperti ini sangat bervariasi. Jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. “Teknologi mempengaruhi biaya yang dikeluarkan. Semakin canggih teknologinya maka jumlah yang dibayarkan juga semakin besar. Perlu menjadi perhatian juga adalah obat-obatan pasca operasi yang jumlahnya cukup banyak menyedot kantung,” ujar seorang dokter plastik yang enggan disebut namanya dalam kesempatan interview dengan MEasia.

Bagaimanapun, sejatinya kita mengkaji ulang soal operasi plastik ini. Azas-azas apakah yang mendasari kita untuk melakukannya? Seberapa pentingkah operasi itu bagi kehidupan kita? Jika kita tidak bisa menjawab hal itu dengan lugas, sebaiknya berpikir ulang untuk melakukan operasi plastik. Bentuk badan tidak bisa dirubah. Tapi penampilan bisa kita rubah. Cara terbaik untuk memperbaiki apa yang kita rasa kurang tentu saja dengan berolah raga dan paling penting adalah merubah paradigma berpikir. Ciptakan paradigma positif dan baik tentang citra diri Anda. Syukuri apa yang telah dianugerahkan Sang Pecipta. Semoga bisa membuat Anda tampil dan membawa diri lebih baik. Semoga! (yuk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: