talking, laughing, posting, sharing …

Jakarta Sister City

Anda tahu nama Jalan Casablanca? Beberapa waktu lalu memang sempat popular karena pembuatan film yang bergenre horor dan mengambil setting di sekitar tempat tersebut. Nama jalan tersebut terdengar aneh kan? Seperti bukan nama jalan pada umumnya di Jakarta yang mengambil nama pahlawan nasional, nama bunga atau bahkan nama daerah di Indonesia.

Ya, nama Casablanca memang berasal dari ibukota Maroko. Lalu kenapa nama jalan itu dipakai di sini? Itu semua karena kota Jakarta menjalin kerjasama Sister City alias Kota Kembar dengan mereka yang dirintis oleh Gubernur DKI waktu itu, Wiyogo Atmodarminto.

Kerjasama Kota Kembar pada umumnya bermacam-macam. Semangat untuk saling bekerjasama antar kota di dunia ini berkembang mulai sekitar tahun 1950-an. Untuk mengatasi ketegangan pasca perang dunia dan mulai terpecahnya konstelasi politik dunia dalam dua blok Barat dan Timur semakin menguatkan ide tersebut. Kerjasama pun akhirnya mulai dibina oleh kota-kota yang terlibat perang dingin waktu itu dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Jakarta sebagai bagian dari masyarakat global juga tidak mau ketinggalan. Dimulai dari kunjungan Walikota Jeddah, Mohamad Said Farsi ke Jakarta tanggal 8 Maret 1979 untuk memenuhi undangan dari Gubernur DKI Tjokropranolo. Pembicaraan untuk menjalin kerjasama Sister City dilanjutkan dengan menandatangani MOU. Sejak saat itulah Jakarta resmi membuka diri dan menjadi bagian dalam masyarakat global dalam komunitas Sister City.

Saat ini sudah hampir 20 kota menjadi mitra Jakarta dan bekerjasama untuk memajukan berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur kota. So, kota-kota mana saja yang bermitra dengan Jakarta?

Jeddah

Dikenal sebagai kota pelabuhan yang cukup ramai dikunjungi jemaah haji seluruh dunia saat moda transportasi laut menjadi primadona. Jeddah juga dikenal dengan Bandara King Abdul Azis yang menjadi salah satu bandara internasional tersibuk saat ini. Jeddah bisa juga dibilang sebagai kota terbesar kedua di sana setelah Riyadh dan etalase kemajuan Arab Saudi karena pembangunan kota dan sistem transportasinya terbilang modern. Kerjasama yang dijalin dengan Jakarta meliputi sektor penghijauan kota, land scaping dan saling berkirim tenaga ahli perkotaan.

Seoul

Ibukota Korea Selatan dan salah satu kota maju di kawasan Asia. Seoul juga disebut sebagai pusat kebudayaan, industri dan ekonomi negaranya. Tidak heran jika kota terpadat ini sempat dijuluki Sinar Keajaiban Asia Timur oleh negara-negara barat. Seoul memiliki sistem transportasi missal yang terpadu, fasilitas umum dan public space yang ditata sedemikian rupa oleh pemerintah kotanya. Kerjasama yang dijalin dengan Jakarta dimulai sejak tahun 1984 dengan penandatanganan MOU oleh kedua gubernur kota waktu itu, R. Soeprapto dan Yum Bo Hyun. Kerjasama meliputi antara lain bidang administrasi kota dan kependudukan, pengawasan dan penataan lingkungan, program kesenian dan kebudayaan serta program pelatihan ketenaga kerjaan. Saat ini Seoul juga mengadakan pelatihan gratis bagi tenaga kerja Indonesia ke Korea. “Proses perekrutan dan seleksinya melalui Dinas Tenaga Kerja, kami dari Pemda hanya mensosialisasikannya ke mereka untuk selanjutnya diteruskan kepada perusahaan-perusahaan di sini,” ujar Orada Sinurat, Kasubag Kerjasama Asia Pasific, Biro Kerjasama Antar Kota Pemprov DKI Jakarta.

Beijing

Salah satu kota megapolitan di RRC sekaligus kiblat kemajuan bangsa Asia. Seperti kebanyakan kota industri, perekonomian dan tata kota di sana telah tersusun dengan baik. Jalan tol dan jalur kereta api menjadi infrastruktur utama pendukung kegiatan ekonomi dan kegiatan industri. Beijing merupakan kota kedua terbesar setelah Shanghai dan dijejali sekitar 14 juta jiwa. Kerjasama Jakarta dengan Beijing dimulai tahun 1992 saat gubernur Wiyogo Atmodarminto dan walikota Chen xitong menandatangani MOU. Bidang kerjasama yang dijalin antaranya sistem administrasi perkotaan, kesehatan masyarakat, manajemen pariwisata dan sektor industri kecil dan kerajinan.

Tokyo

Sayang kurangnya informasi dan publikasi membuat masyarakat awam dengan kerjasama ini. Padahal sejak tahun 1991 sampai 2000 saja sebanyak 100-an tenaga kerja Indonesia dikirim ke Tokyo, Jepang untuk dibekali berbagai ketrampilan teknik.

Bangkok

Sektor pariwisata andalan kota Bangkok tampaknya menjadi magnet yang tepat bagi Jakarta untuk menjalin kerjasama dengan mereka sebagai sister city. Meski dikenal sebagai kota dengan penduduk yang padat namun ibukota Thailand ini juga memiliki moda transportasi massal yang tepat guna. Manajemen pengaturan lalu lintas di sana pun terbilang lebih modern ketimbang negara-negara lain di Asia Tenggara. Itu sebabnya pada tahun 2002 lalu Jakarta resmi menjalin beberapa kerjasama di bidang perdagangan, investasi, perencanaan kota serta tentu saja promosi pariwisata dengan mereka.

Hanoi

Melihat Vietnam dan ibu kotanya, Hanoi, kita seakan tersadar dari tidur panjang. Kemajuan pesat di berbagai sektor telah mengubah status negara “kemarin sore” menjadi salah satu kota dengan pembangunan terpesat. Meski secara ekonomi Jakarta masih memiliki daya beli yang lebih tinggi, namun kemajuan berbagai sektor di Hanoi menjadi nilai lebih kota di pinggir Sungai Merah ini. Tahun 2004 dicanangkan sebagai dimulainya kerjasama sister city dengan ditanda tanganinya MOU antara Gubernur waktu itu, Sutiyoso dan Dr. Nguyen Quoc Trieu. Kerjasama meliputi sektor olahraga, kebudayaan, ekonomi serta pariwisata dan perencanaan kota.

Casablanca

Nama jalan Casablanca tentu bukan hal asing di telinga kita. Kerjasama yang dilakukan oleh Gubernur DKI tahun 1984 Wiyogo Atmodarminto dan Ketua Dewan Masyarakat Casablanca Mohamed Abied waktu itu salah satunya memang melakukan pertukaran nama jalan. Kerjasama meliputi bidang kesenian, perdagangan, pariwisata dan kebudayaan. Ibukota Maroko ini juga menyediakan informasi berkaitan dengan pertukaran tenaga ahli dalam rangka pengelolaan dan peningkatan infrastruktur kota. (yuk)

Comments on: "Jakarta Sister City" (3)

  1. Keren blog nya, informasi yang sangat bermanfaat, khususnya saat mencari informasi sister city nya Jakarta. Thanks Pakde🙂

    Kalau boleh diupdate terus infonya.

  2. Ngomong-ngomong tentang jakarta adalagi nama-nama jalan yang tidak identik…silahkan klik my site:http://endangsuardi.wordpress.com, nach yang ini cuma buat banyolan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: