talking, laughing, posting, sharing …

Kabarnya, ikan asli Indonesia ini menjadi simbol kesuksesan pemiliknya. Harganya yang mencapai ratusan juta rupiah menjadi tanda bahwa ikan ini tidak bisa dimiliki sembarang orang.

Arowana Super Red koleksi PT. Arwana

Namun, kesan itu pudar ketika saya bertemu dengan kawan-kawan pecinta ikan Arowana (masyarakat awam mengenalnya dengan Arwana, RED) yang tergabung dalam komunitas Arowana Club Indonesia (ACI). Klub yang oleh para anggotanya disebut sebagai wadah berkumpul dan saling tukar informasi mengenai hobi mereka itu mempunyai visi untuk mempopulerkan serta melestarikan ikan Arwana sekaligus membawa Indonesia menjadi barometer bagi para pecinta Arwana di seluruh dunia. “Tidak bisa dipungkiri, ikan Arwana memang identik dengan harga diri si empunya. Namun tidak semua Arwana berharga mahal, jenis yang paling mahal adalah Arwana Super Red,” ujar Stephen Suryaatmadja selaku pentolan ACI.

Ada beberapa jenis ikan Arwana yang dipelihara penggemar ikan hias seperti Arwana Silver Brasil, Arwana Papua, Arwana Pino, Arwana Banjar, Arwana Golden dan Arwana Super Red. Jenis paling murah adalah Arwana Silver yang anakannya dijual mulai harga 70-100 ribu rupiah. Sementara jenis paling mahal adalah Arwana Super Red yang anakannya seukuran 10 cm bisa dijual berkisar 2-10 juta rupiah.

anakan Arowana Super Red berusia beberapa minggu, komoditas ekspor PT. Arwana

Stephen menyarankan bagi pemula yang ingin mencoba memelihara untuk memulainya dengan memelihara jenis Silver. Awal mulanya para penggemar Arwana ini menjalin komunikasi lewat milis dan mulai ramai sekitar tahun 2003. Hingga akhirnya di tahun 2004 mereka memutuskan untuk kopi darat dan akhirnya meresmikan ACI sebagai wadah pada tanggal 18 Desember 2004. Di awal berdirinya ACI, mereka mengaku kesulitan mendapat kepercayaan dari para peternak dan penjual Arwana. “Di kalangan penjual dan peternak Arwana saat itu memang ada semacam gap dan satu sama lain sangat tertutup. Ini tantangannya. Kita perlahan tapi pasti mencoba mewadahi mereka dengan tujuan tentunya menggabungkan semua pecinta ikan Arwana khususnya jenis Super Red untuk bersama-sama menjadikannya sebagai kebanggaaan sekaligus membawa nama Indonesia semakin dikenal luas sebagai barometer ikan Arwana berkualitas,” terang Stephen.

Kini klub yang telah mencatat sekitar enam ribu anggota ini juga telah sukses menggelar beberapa kali festival dan kompetisi ikan Arwana di Indonesia. Impian mereka adalah mengadakan event rutin setiap tahun yang menggabungkan tidak hanya pecinta Arwana namun juga berbagai pencinta flora dan fauna langka di Indonesia. “Kita tunjukkan bahwa komunitas di sini sangat serius untuk menjadikan Indonesia barometer perkembangan dan trend di Asia bahkan kalau mungkin dunia. Bayangkan saja, populasi hampir 70 persen ikan hias dunia berasal dari Asia. Nah, dari jumlah 70 persen itu sekitar 80 persennya berasal dari Indonesia. Namun sayangnya selama ini kita belum mengelolanya dengan arif sehingga orang Indonesia dikenal dunia hanya sebagai best buyer karena berani beli dengan harga mahal. Padahal ikan yang dibeli asli dari Indonesia dan dikembang-biakkan kan di luar negeri. Namun saat dijual lagi di Indonesia harganya sudah tinggi. Ini kan ironis?” tambah Stephen lagi.

Secara umum, ikan Arwana atau nama latinnya Scleropages Formosus adalah jenis ikan hias air tawar. Habitatnya banyak ditemukan di pulau Sumatera, Kalimantan dan Papua namun beberapa jenis juga menyebar di negara-negara Asia Tenggara yang mempunyai sungai air tawar seperti Vietnam, Thailand dan Malaysia. Di Indonesia terdapat jenis Arwana yang dianggap menduduki kasta tertinggi dengan jenis Super Red.

Dahulu ikan ini oleh masyarakat Kalimantan dijadikan komoditi pangan karena mudah didapat di sungai-sungai. Hingga tahun 1970-an kabarnya masih banyak masyarakat Kalimantan yang mengkonsumsi Arwana dengan cara diasinkan. Kini Arwana Super Red memang sangat diminati para penggila ikan hias air tawar. Bahkan pecinta Arwana dari Jepang, Thailand dan Singapura kerap datang ke Indonesia untuk membeli Super Red dengan harga selangit. “Ikan Super Red yang berhasil menang kontes dijamin laku dijual. Bulan Desember lalu pemenang kontes di Jakarta laku di harga 500 juta rupiah. Kalau jenis Super Red kualitas atas harganya boleh dibilang berkisar ratusan juta sampai ada yang miliaran. Oleh sebab itu Super Red menjadi primadona karena menunjukkan prestise dari pemiliknya,” ujar Stephen yang juga memelihara 12 ikan Arwana Super Red di rumahnya.

Bagi Anda sekalian yang menggemari ikan Arwana, atau baru mulai memeliharanya sebagai hobies, ada baiknya bergabung di komunitas ini. Di sini akan banyak ditemukan manfaat, sharing pengetahuan dan pengalaman serta sekaligus bursa jual beli Arwana berbagai jenis yang pastinya akan menambah seru pengalaman Anda. Kegiatan sosial juga tidak luput dari perhatian ACI. Misalnya sewaktu gempa mengguncang Jogja dan Aceh mereka aktif mengirimkan bantuan selimut, kue kering dan susu bayi sebanyak dua truk. Mereka menggalang dana dengan cara melelang ikan Arwana Super Red dan hasil uangnya digunakan untuk membantu para korban di sana. Di balik itu semua, ACI juga mempunyai kebanggaan untuk mengembangkan dan mengibarkan Arwana khususnya jenis Super Red sebagai satwa langka nan unik asli Indonesia. (yuk)

Success Story

Didi Widayadi

Bermula dari Arwana Goreng

Didi Widayadi, owner PT. Arwana, Cibubur

Pengalamannya menyantap ikan Arwana Goreng di tahun 1970-an saat berkunjung ke pedalaman Kalimantan membuat Didi Widayadi jatuh cinta pada Arwana. Namun jangan salah, Didi kini lebih dikenal sebagai breeder (peternak, RED) ikan Arwana jenis Super Red kualitas unggul dengan varian Ultra Light. “Awalnya saya heran, kok di tengah hutan ada ikan goreng. Saya tanya dan dikasih lihat cara memancingnya yang cukup mudah di sungai. Beberapa tahun kemudian saat melihat ikan Arwana di aquarium seorang rekan baru saya teringat kembali akan Arwana goreng itu. Saya mulai jatuh hati pada keindahan Super Red dan mulai memelihara sekitar tahun 80-an,” ujar Didi saat MEasia berbincang santai di kediamannya yang asri di daerah Cibubur.  

Kini mantan Kapolda Jawa Tengah itu mendirikan farm atau peternakan PT. Arwana Indonesia di atas lahan seluas kurang lebih 8 hektar yang sekaligus difungsikan sebagai wahana rekreasi dan outbond serta kolam pemancingan. Latar belakang pendidikannya di Institut Pertanian Bogor membawa Didi sangat memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjadikan farm sekaligus kediaman pribadinya itu sebagai daerah konservasi alami. “Saya memang mencintai alam. Back to nature. Saya ingin tempat ini tidak hanya sebagai pembiakan Arwana Super Red, tapi juga turut menyumbang bagi kelestarian lingkungan hayati, daerah resapan air, dan menjadi penggerak ekonomi bagi masyarakat sekitar yang bekerja di sini.”

Kini di tangannya, usaha pembiakan Arwana Super Red varian Ultra Light berkembang pesat. Bicara omzet, kakek yang telah dikaruniai tiga orang cucu ini engan menyebut angka pasti. Namun sebagai gambaran, ikan hasil tangkarannya yang seukuran panjang 20-25 cm dibanderol harga 1.500 US dolar. Sementara dalam kolamnya Didi punya ratusan ikan siap jual yang kalau dinominalkan harganya tentu akan membuat kita terhenyak kaget. “Tidak semua ikan saya jual. Beberapa tahun lalu saya pernah jual seharga 1 milyar. Ikan di sini kualitasnya boleh diadu,” ujarnya sambil tersenyum. Didi juga melayani pembeli luar negeri dan setiap minggu mengekspor ikannya ke beberapa negara tetangga seperti Thailand, Singapura dan Jepang.  

Usaha ini tentu bukan kerja instan. Didi mengaku mempelajari sendiri secara detail tentang ikan Arwana secara learning by doing. “Semua butuh proses. Tahap demi tahap yang saya lalui tentu tidak memakan waktu yang sebentar. Tapi semua saya lakukan karena saya mencintai bidang ini dan ingin tahu seluk beluk bagaimana sukses membiakkan Super Red. Saya sekaligus ingin mengajarkan bahwa kita jangan terjebak pada produk instan. Namun bagaimana kita melewati proses demi proses untuk belajar dan akhirnya mampu menjadi unggul karena pengalaman,” katanya mengakhiri pembicaraan. (yuk)

Comments on: "Ikan Super Bernama Arowana Super Red" (34)

  1. purnomo said:

    Terima kasih banyak atas pembelajarannya pak. saya ingin sekali untuk ikut ngramein usaha pembiakan arwana ini tp saya buta dalam hal ini,kiranya bpk mau memberikan informasi tempat pelatihan untuk bisa saya ikuti. tolong emailin ke saya p.santoso76@yahoo.com Terima kasih banyak sebelumnya.

  2. Very Good !
    Tapi masih gigit jari kapan ya bisa beli ?????
    Mana tau Pak Didi mau jual harga khusus 1 ekor buat saya ??!!
    he he he, amiiiiiiiiiiiiiiin !

  3. pak saya maw pelihara arowana….
    tp bingung maw arwana yang mana….
    ad beberapa opsion…

    1. red banjar
    2. super red
    3. pino

    buat pemula mending yang mana ya pak…
    kecuali silver…
    mohon bimbingan nya pak…
    trimakasih

    • cengrenges said:

      Halo pak, menurut beberapa sumber dan pecinta Arowana, untuk pemula sebaiknya dimulai dari yg biasa dulu. Karena tiap ikan beda karakter, jadi sebaiknya mulai dari jenis yg paling murah.
      Tapi kalau anda mau pelihara Super Red dan ada dananya, silahkan.

  4. budi wisakseno said:

    halo pak ! senang baca kisah pengusaha sukses !. saya sejak dulu mendambakan punya super red, ttp stlh baca artikel diatas kok spt hanya tinggal mimpi saja dgn harga nya yg super tsb ! tapi saya blm menyerah , mhn pndpt atau masukan kalau saya mulai beli/ peliharan dr ukuran 15 cm (siapa tahu harga agak terjangkau), berapa harganya ?, kiat perawatan dasar singkat, agar bisa selamat dan menjadi besar. trm kasih dan salam ! budi.w email: bwisakseno@yahoo.com 0811981554

  5. pak sya punya stok arwana super red ada 20 ekor.ukuran 15 cm.
    lokasi kami di kutai barat.pt kaltim arwana lestari.
    kalau bapak berminat.085250802277.makasih

  6. kalau mau beli anak super red, berapa harganya dan bolehkah dihantar pos ke Ipoh, Perak, Malaysia. Terima kasih.

  7. achiang tan said:

    pak saya mau jual lipan /kelabang utk makanan ikan arwana.yang beku atau hidup kalau minat hub 081806638430 medan

  8. pak kalau membedakan arwana jantan dan betina gimana ???

  9. dodie kusniar said:

    Hehehe… Begitu indah kuasa allah telah menciptakan ikan arwana super red dibumi kalimantan.. Tanpa arwana super red dan penggilanya,ga mungkin bapak didi sampai setajir ini.. Hebat pak,saya salut dengan bapak.. Mudah2an saya bisa seperti bapak dengan rasa cinta saya terhadap ikan arwana super red..

  10. saya mau beli yang anakan, uk 10 cm.. berapa harganya?

  11. Mau tanya nich, apakah arwana mau dikasih makan ulat bambu dan resikonya kalau terlalu sering dikasih pakan tsb dan lagi saya baru mulai pelihara arowana banjar red ukuran 12cm

  12. beda super red dengan red banjar apa ya ?

  13. saya ingin sekali untuk ikut ngramein usaha pembiakan arwana ini tp saya buta dalam hal ini,kiranya bpk mau memberikan informasi tempat pelatihan untuk bisa saya ikuti. tolong emailin ke saya, lelidj_gemilang@yahoo.co.id

  14. pa maaf sy mintta alamatnya yg jllas sm tllpn nya soalnnya mau kessana

    • cengrenges said:

      Mohon maaf Pak. Untuk alamat lengkap saya kurang jelas. Tapi anda bisa kesana, dari arah Jakarta masuk ke kiri tepat sebelum SPBU Petronas Cibubur. Sekitar 1 km ada pemancingan dan Resto Mang Engking di sana. Untuk peternakan Arwana nya sendiri tertutup untuk umum, hanya terletak di kawasan yg sama. Silahkan.

      • Kalau naik bis dari Bandung ketempat peternakan arwana milik Bapak, kira-kira saya harus turun dimana Pak. Trims infonya. RS. Basuki, Malang

  15. pak saya kurnia, saya ingin sekali memelihara ikan arwana super red yang sdh ada chip, sertifikat, dan kualitas show… cuman dana sy ada 3jt.. kira2 ini dapat yang berapa cm pak ya??????

  16. gini pak saya punya 7 kolam koi pgn kembangkan arwana tp g punya modal, kalau kerjasama bibit nya bisa apa tidak matur nuwun

  17. ikan arwana apa paling murah,?

    • cengrenges said:

      Ikan yg paling murah tergantung Pak, biasanya yang mau mulai main Arwana dengan jenis silver..

  18. membaca success story-nya makin memberikan semangat. meski masih belajar memelihara arwana silver, berharap suatu saat nanti bisa mengikuti jejaknya pak Didi Widayadi. terima kasih atas tulisan yang memotivasi ini.

    Salam,
    yudhis

    • cengrenges said:

      salam sukses juga, semoga semakin terinspirasi dan bisa lebih maju lagi :)

    • cengrenges said:

      salam sukses juga, semoga semakin terinspirasi dan bisa lebih maju lagi :)

      • budibudibudi said:

        pak bagaimana kita bisa membedakan antara super red darah sama super red chili
        kalo masi kecil apakah sudah kita bisa bedakan kalo bagi orang awam thank’s u pak

  19. encik , kalau saya mau ceburi bidang ini,apa yg saya perlu lakukan sebagai langkah pertama.????????saya berminat dengan penternakan arowana ini.

  20. Saya tertarik utk memelihara ikan arwana khususnya super red,
    Ada yg bisa bantu saya akuarium minimal ukuran berp, filter yg hrs dipakai, lampu dan apakah perlu heater ato acesories lainnya.
    Khusus ikannya yg bagus dari segi kualitas n harga saya harus cari dimana.
    Terima kasih.

  21. pak saya sudah sampai mimpi beli arwana super red.. aquariumnya pun sdh siap.. kasih harga murah dong pak…

  22. maksut sy bibit yg 2 minggu juga ga apa2 deh… saya mau dong paak.. pliiiis.. nomor tlp sy 085693625655

  23. Al Ghody said:

    Boss, saya pengen punya Super Red
    Harga paling Bawah di Berapa?
    Ukuran brapa cm
    Trimakasih

  24. gan saya pengen coba pelihara ikan arwana super red paling murah brapa harganya?

  25. Pak,..sy mau tanya u/perubahan warna sisik arwana dari oranye ke full red perlu waktu berapa bulan,…?dan diusia berapa arwana tsb mengalami perubahan sisiknya

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

