talking, laughing, posting, sharing …

Memadukan selancar ombak dan mendayung, Paddle Surf terbukti menguras energi dan memacu adrenalin para penggilanya!

===

berselancar sambil mendayung, berani?

Berselancar di tengah ombak kini bukan lagi milik para surfer dan penggila surfing. Berbagi ombak dengan mereka adalah salah satu cabang olahraga baru yang tergolong ekstrim, Paddle Surfing. Sebuah cabang olahraga turunan dari selancar ombak telah lahir dan eksis di Hawaii. Dikenal dengan nama lain Beach Boy Surfing atau Paddle Boarding, inti dari olahraga ini adalah menantang ombak selama mungkin dengan berdiri di atas selancar dengan bantuan dayung atau paddle.

Lalu kenapa di Hawaii? Seperti kita tahu, negara bagian ke 50 di Amerika serikat (AS) ini dikenal sebagai tempat berkumpulnya para penggila selancar ombak dari berbagai penjuru dunia. Kelahiran Paddle Surfing diyakini awalnya sekitar tahun 80-an. Saat itu kabarnya para “anak pantai” sedang berselancar menggunakan dayung untuk menarik perhatian para turis di sana. Kegiatan ini justru menjadi daya tarik mereka untuk mempelajari olahraga yang dikira salah satu cabang dari selancar ombak yang sedang ngetrend saat itu. Sejak saat itu, Paddle Surfing pun eksis mewarnai dunia olahraga ekstrim dan berkembang pesat ke seluruh dunia.

Orang berjasa yang membawa olahraga ini keluar dari Hawaii dan mempopulerkannya di pantai-pantai AS adalah Rick Thomas, seorang veteran perang Vietnam. Sekitar tahun 2000 ia bersama Leleo Kinimaka, seorang instruktur olahraga ini dari Hawaii mulai berkampanye di pantai California tentang Paddle Surfing. Dalam waktu singkat olahraga ini mendapat tempat di hati para surfer. Salah satu keunggulannya adalah memadukan skill surfing dan mendayung secara bersamaan. “Olahraga ini bukan mendayung. Bukan juga sekedar berselancar. Paddle Surfing membuat seorang surfer leluasa bergerak dengan bantuan dayung dan papannya untuk mencari ombak yang lebih besar dan menaklukkannya,” ujar Rick.

Ia menambahkan, “Awalny kesulitan karena seorang peselancar tidak biasa mengayuhkan dayung saat beraksi. Mereka terbiasa menyeimbangkan tubuh dengan tangannya. Tapi di sinilah tantangan itu, kekuatan dan kelenturan otot tangan, tubuh bagian tengah dan kordinasi yang baik dengan otak menjadi instrument yang harus diselaraskan bagi seorang paddle surfer,” tambah Rick.

Banyak pesohor di AS yang juga menggandrungi olahraga ini. Sepintas olahraga ini sangat mudah dilakukan apalagi oleh mereka yang terbiasa melakukan selancar ombak. Pada kenyataannya Paddle Surfing menawarkan tantangan tersendiri karena mengharuskan para pemainnya berdiri dan mengarahkan papapnnya dengan keluwesan tubuh sekaligus menjaga keseimbangan lewat dayung yang mereka genggam. Sebuah asosiasi olahraga lintas alam di AS bahkan melatih para anggotanya dengan latihan dasar paddle Surfing untuk meningkatkan stamina tubuh.

Harga sebuah papan Paddle berkisar 600 US Dollar sampai 1.500 US Dollar. Terbuat dari material plastik campuran yang ringan dan daur ulang karbon sintetis yang kuat. Panjangnya bisa 3-4 meter ditambah sebuah paddle sebagai kelengkapannya. Papan ini tentu berbeda dari papan selancar air yang biasa dipakai dalam surfing, apalagi ada sebuah dudukan kecil bagi para paddle surfing untuk leluasa berakselerasi di atas ombak.

Beberapa tempat di dunia dikenal sebagai surganya olahraga ini. Ombak besar, pantai yang landai dan sedikit berkarang serta aneka biota laut eksotis menjadi nilai tambah. Sejumlah tempat seperti pantai Sarangan di Bali dan Pulau Mentawai menjadi lokasi para paddle surfing untuk mencari ombak yang harus ditaklukkan. Selain itu pantai Goldcoast di Aussie, kepulauan samoa dan Hawaii tentunya adalah salah satu tempat ritual wajib para penggila olahraga ini menajamkan skill mereka. Bagaimana, apakah Anda punya tempat favorit lainnya? Let’s surf .. !! (yuk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: