talking, laughing, posting, sharing …

Dikelilingi oleh pemain-pemain produktif di liga dan pemain bertahan yang menyedihkan, Marcus Camby mengambil kesempatan dalam keterbatasan.

Dengan menaruh segala hormat pada sosok legendaris Kevin Garnett, Si Penyelinap Shawn Marion, Tukang Curi Josh Smith, Blokir Modern Dwight Howard dan Tangan Cepat Ron Artest, Marcus Camby adalah benteng kokoh Denver. Bicara pertahanan tim biru kuning, Marcus adalah ikonnya. Maaf dan hormat pada yang lain. Kami bicara Marcus Camby sekarang.

Best Guard ever ...

Benar, MC hanya sekali dianugerahi Defensive Player of the Year tahun 2006 / 07 lalu. Tapi seperti kebanyakan penggemar Nuggets dan penikmat NBA lihat, Marcus hadir di lapangan untuk membuat frustrasi para pencetak angka terbaik di sana. Dia tinggi menjulang, bagaikan sebuah monumen rebound yang berada di bawah ring. Monumen itu tidak lapuk. Ia sangat kokoh. Dibangun dengan bahan baku terbaik dan kerja keras bertahun-tahun.

Camby adalah Nuggets. Dua dari enam musimnya di sana dilalui dengan berat. Membangun diri dengan sel-sel pertahanan dan naluri seorang defensor, Camby mampu meyakinkan fans dirinyalah ikon pertahanan mereka. Camby mampu meyakinkan bahwa tim membutuhkan kehadirannya. Ya, bertahan memang milik semua pemain, tapi bagi Camby bertahan adalah roh permainannya. Iverson punya beberapa keistimewaan dalam steals, demikian juga Melo dengan shooting blocknya. Tapi percayakan saja yang terbaik ke tangan pemain 2.11 m dan berat 101 kg ini.

Di usia 34 tahun tidak mudah menjadi seperti Camby. Pengalamannya yang menyakitkan dan deraan cedera di masa lalunya membuat kehidupannya lebih matang. Jika banyak pemain kerap mengeluh saat pelatih memintanya untuk lebih keras bertahan maka Camby sebaliknya. Ia mampu bertahan dari kesakitan dan cedera parah. Ia mampu bertahan dari ruang operasi dan sinar laser. Ia mampu melewati masa pemulihan dan merubah dirinya menjadi orang pertama yang ditunjuk pelatih saat timnya butuh pertolongan di bawah ring. Camby bangkit dari cedera lebih cepat dari dugaan semua orang. Camby membuktikan dirinya cukup tangguh melawan cedera.

Kepercayaan diri menjadi bagian yang penting dari seorang pemain. Itu yang  dimiliki Camby sepanjang karirnya. Jika ia dalam kondisi terbaik maka akan sulit mengintimidasinya di key hole. Marcus selalu percaya kepada kemampuannya. Jika ia melihatmu sebagai ancaman, maka bersiaplah untuk menerima sebuah penjagaan superketat di sana. Ia percaya pada nalurinya. Ia percaya apa yang dikatakan hatinya. Jangan coba-coba menipu Camby atau kau yang akan ditipunya mentah-mentah.

MC in action ..

Satu lagi, Camby adalah seorang jenius. Ia punya banyak cara untuk menjaga orang yang berbeda. Lihatlah gayanya saat menempel Garnett atau Marion. Sebagai penjaga, Camby tahu bagaimana menjaga penjaga lainnya. Ia tahu karakter mereka dan bagaimana menjaga mereka. Itulah sebab kenapa Garnett tidak akan pernah membuat lay up di depan Camby. Perhatikan saja! Itu juga mengapa Marion lebih suka menembak di hadapan Camby ketimbang mengajaknya berduel di dekat ring.

Untuk beberapa waktu ke depan, Nuggets masih membutuhkannya. Kontrak hingga tahun 2009 menjadi bukti belum ada pemain lain setangguh Camby di tim. Jika ia beruntung maka sisa karier akan dihabiskan di sana. Jika tidak, Denver pasti menjadi tim yang paling membutuhkan pertolongan seorang defender di musim mendatang. Melo bukan orang yang tepat untuk berdiri di sana. Energinya lebih baik digunakan untuk membantu Iverson mencetak angka.

Camby masih menjadi magnet bagi beberapa klub yang menginginkan jasanya. Setidaknya Washington, Atlanta, Houston dan Toronto menjadi klub pemburu tanda tangannya. Jika ini terjadi, siap-siap untuk Denver membenahi sektor pertahanannya. Marcus Camby mungkin tidak berandil besar mencetak poin. Ia bukan aktor di bidang itu. Camby mengakui bahwa poin bukan prioritasnya. Namun keberhasilan pribadinya adalah untuk menjadi seorang penjaga terbaik di klub. Bukan Melo. Bukan pula AI. Tapi Camby. (yuk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: