talking, laughing, posting, sharing …

Sejatinya, Powerbocking menggabungkan latihan-latihan fisik dasar yang digunakan oleh tentara elite untuk melatih stamina dan ketahanan tubuh. Alatnya dipatenkan pertama kali oleh Alexander Boeck, warga negara Jerman tahun 2003 untuk kawasan Eropa. Secara cepat alat temuannya ini menuai sambutan positif di berbagai penjuru Bumi seperti di Amerika Serikat dan Australia. Untuk menghormati penemunya maka dipakailah kata Bock sementara di beberapa tempat ada yang menyebutnya sebagai Poweriser, Powerskip, Fly Jumper, Power Stilt atau Kangaroo Boots.

Powerbocking Jump!

Olahraga ini menggunakan kekuatan dan kelenturan kaki sebagai penopang utama. Alatnya sendiri berbentuk seperti kurva dan terbuat dari baja ringan serta pegas yang saling terkoneksi. Kita tinggal memakainya seperti memakai sepatu, ke­mudian mengikat tali pengaitnya di bagian lutut. Setelah terpasang dengan kuat maka kita mulai da­pat beraksi dengan Powerbocking. Berlari, melompat dan berjalan bisa dilakukan lebih cepat dengan alat ini. Penemunya mengatakan alat ini dapat dipakai melompat hingga jarak enam kaki, berjalan 2 meter per detik serta berlari cepat hingga 20 km/jam.

Namun tentunya sebelum mahir menggunakan alat ini, kita perlu berlatih keras untuk berdiri dan berjalan. Keseimbangan juga memegang peranan penting sebelum kita terbiasa berdiri den­gan Powerbocking. Di Perancis, sebuah kejuaraan lokal menggu­nakan alat ini digelar tahun lalu. Melombakan nomor ketangkasan seperti kemampuan akrobatik dengan Powerbocking, berlari dan melompat. Meski telah memiliki penggemar namun masih banyak orang yang enggan menekuni olahraga ini. Bagi sebagian orang bahkan menganggap olahraga ini sebagai hal yang ekstrim dan penuh resiko.

Resiko terbesar adalah men­derita patah tulang dan gegar otak ringan. Untuk para penggemarnya menggunakan elbow pad dan helm adalah sebuah kewajiban. Sementara aksesoris tambahan lain seperti knee pad dan wrist guard dianjurkan dipakai untuk para pemula. Boeck menyarankan, sebelum memulai Power­bocking sebaiknya membiasakan diri untuk berlatih di atas tram­polin. “Menjaga keseimbangan saat melompat memang terlihat mudah tapi semua akan berbeda saat kau berada di atas alat ini,” ujar Boeck di situsnya.

Mewabahnya para penggemar Powerbocking di Eropa dan Amer­ika serikat membuat harian The Washington Post menyebut alat ini sebagai A Giant Step for Mankind. Artikel yang hampir sama judul­nya pernah ditulis saat manusia mendarat pertama kali di bulan mengutip pidato sang presiden. Saat itu, presiden J.F. Kennedy menyebutnya sebagai a giant leap for mankind atau sebuah lompa­tan besar dalam peradaban umat manusia. Apa yang dihasilkan dari kreasi Boeck memang menjadi semacam virus yang dengan cepat menyebar dan menarik hati anak muda pada umumnya.

Dalam banyak literatur bebas di internet, olahraga ini juga digu­nakan untuk melatih kebugaran para pasukan khusus. Kombinasi gerakan melompat, berjalan serta berlari memang diyakini cukup efektif dalam menjaga stamina. Bermain Powerbocking selama 20 menit diyakini akan membakar kalori sama dengan berlari sejauh 5 kilometer!

Untuk Anda yang tertarik mencoba, ada baiknya meny­iapkan kocek tebal. Satu set Powerbocking dijual seharga 1000 US Dollar! Untuk ukuran kita orang Asia, alat ini memang mahal. Mungkin sebagian kita lebih memilih untuk mencicil mo­tor daripada menghabiskan uang dalam bentuk Powerbocking. Sebagian mungkin menganggap olahraga ini sebagai hal neko-neko yang dilakukan oleh orang kurang kerjaan. Sebagian lagi mungkin tertawa dan mencibir jika kita memakainya berjalan-jalan atau berolahraga di taman. Tapi untuk sebagian orang, ber-Powerbocking adalah satu hobby yang tidak tergantikan dengan apapun juga. (yuk)

Comments on: "Jump With Power – Powerbocking!" (1)

  1. d indonesia tmpt mana yg julan kyk gnian pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: