talking, laughing, posting, sharing …

Alamat Emailnya Apa?

Studi Banding atau kunjungan kerja para anggota dewan perwakilan rakyat ke luar negeri memang terus disorot. Selain dirasa tidak bermanfaat, hal tersebut juga dianggap melukai rasa keadilan sosial.

Wong sementara banyak rakyat kelaparan, harga tidak stabil, pengangguran merajalela, ini malah mereka asik jalan-jalan tanpa pernah sedikitpun menaruh perhatian pada perut konstituennya.

Beberapa hari belakangan, media massa ramai memberitakan tentang kunjungan kerja para anggota dewan ke Australia. Saat terlibat diskusi mereka ditanya soal alamat email resmi oleh forum. Hal ini wajar, mengingat email resmi dapat menjadi sarana komunikasi (idealnya dua arah, meski banyak juga email korporat yang hanya jadi tempat curhat tanpa pernah ada feed back-nya) antar mereka.

Konyolnya, tak satupun anggota dewan tersebut yang hafal email resmi yang dimaksud forum penanya. Saat semakin terdesak, salah satu anggota dewan pun dengan sekenanya menyebut : komisidelapan@yahoo.com yang kontan disambut forum dengan riuh rendah. Ditanya email resmi kok jawabnya malah email gratisan ala Yahoo. Ini yang bloon siapa? Udah pasti yang bloon para anggota dewan tidak terhormat tersebut!!!

Dulu, sekitar empat tahun lalu, seorang kawan yang sehari-hari tugas meliput di gedung rakyat Senayan, pernah bercerita bahwa dia kerap geleng-geleng kepala melihat tingkah polah para anggota dewan. “Mereka sekedar buka email saja tidak bisa. Menyalakan komputer saja dilakukan asistennya dan biasanya mereka hanya mengetik di komputer tersebut. Bahkan tidak jarang ketikan tersebut diambil alih juru ketik dadakan yang diminta tolong oleh si anggota dewan,” ujar kawan saya dengan nada prihatin.

Bahkan ia pernah melihat sendiri seorang anggota dewan menyuruh asistennya membuka email pribadi yang bersangkutan. Setelah itu mereka baru duduk berdua membahas isi email yang dikirim ke inbox tersebut. PARAH . . .!!

Ini tahun 2011, lewat satu dekade dari millenium tapi masalah per internetan tampak masih jadi momok di kalangan anggota dewan yang melek pendidikan tinggi, sering jalan ke luar negeri, pintar-pintar (kata pada pendukungnya loh, kalau aslinya sih dites aja langsung!) dan seharusnya lebih segala-galanya dari rakyat jelata.

Kata orang jaman sekarang gaptek alias gagap teknologi. Saya lebih senang menyebut buta teknologi saja. Lalu, sebegitu buta internet dan buta teknologi kah mereka yang duduk di gedung kura-kura Senayan itu? Apakah kebutaan teknologi itu dialami oleh jumlah mayoritas anggota dewan atau hanya sejumlah minoritas? Apakah setelah empat tahun berlalu – dari ceritera teman saya itu – generasi anggota dewan yang sekarang bercokol di sana juga belum terbebas dari buta teknologi? W I S   M B U H L A H   . . .!!

Jadi ingat sebuah lelucon yang menyindir soal Canggihnya Sosok Anggota Dewan ala Republik tercinta ini :

Seorang anggota dewan perwakilan rakyat sedang berkunjung ke daerah asalnya. Di sana ia menyombongkan diri dan mengadakan jumpa pers terkait pembangunan dan kemajuan yang telah ia lakukan untuk daerah tersebut.

‘Saya telah membangun jalan desa, membangun sekolah dan pasar modern, membuka lapangan kerja dan memberantas kemiskinan. Saya juga telah membangun puskesmas serta menjamin biaya kesehatan gratis bagi warga di sini,’ ujarnya pongah.

Setelah jumpa pers selesai, seorang wartawan yang datang terlambat menghampiri anggota dewan tersebut. ‘Pak maaf saya ketinggalan berita. Mungkin saya bisa minta alamat email bapak untuk menanyakan lebih lanjut. Apa email bapak?’ tanya si wartawan.

Si pejabat itu kaget, terdiam sejenak dan untuk menghindari malu ia segera tersenyum dan menjawab, ‘Eh, sebentar, hmm email saya? Ooh.. Iya iya, saya ingat.. Dulu saya punya tiga, tapi sudah saya jual. Kenapa tanya-tanya, kamu mau beli?’

:: S E M P R U L :: 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: